ETIKA PROFESI DAN PENGALAMAN AUDIT PENGARUHNYA TERHADAP AUDIT BERBASIS RISIKO DENGAN FEE AUDIT SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris Pada Auditor Kantor Akuntan Publik di DKI Jakarta)

Rizky An Nisaa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Etika Profesi, Pengalaman Audit terhadap Audit Berbasis Risiko dan Fee Audit sebagai variabel moderasi. Sampel dalam penelitian ini adalah 40 auditor yang bekerja di 5 Kantor Akuntan Publik (KAP) wilayah DKI Jakarta. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner yang disebarkan langsung kepada responden. Teknik analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi moderasi.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Etika Profesi berpengaruh positif signifikan terhadap Audit Berbasis Risiko, Pengalaman Audit berpengaruh positif signifikan terhadap Audit Berbasis Risiko, Fee Audit dapat memoderasi pengaruh Etika Profesi terhadap Audit Berbasis Risiko, dan Fee Audit dapat memoderasi pengaruh Pengalaman Audit terhadap Audit Berbasis Risiko


Keywords


Professional Ethics; Audit Experience; Fee Audit; Risk Based Audit

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.22441/tekun.v11i1.20141

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEKUN: Jurnal Telaah Akuntansi dan Bisnis [p-ISSN 2085-8752 | e-ISSN 2622-1470]
Magister Akuntansi, Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215870341
http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/tekun

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats