PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, LIKUIDITAS, CAPITAL INTENSITY, KOMISIARIS INDEPENDEN DAMPAKNYA TERHADAP TINGKAT AGRESIVITAS PAJAK (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Basic Industry and Chemicals yang Terdaftar di BEI Periode 2017-2018)

Yuliana Kumala Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pengaruh pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR), likuiditas, capital intensity, komisaris independen dengan agresivitas pajak perusahaan. Populasi dalam penelitian ini merupakan perusahaan sektor Basic Industry and Chemicals yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2017 – 2018. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari situs web Bursa Efek Indonseia (www.idx.co.id). Terdapat 88 data akhir dalam penelitian ini. Hipotesis dalam penelitian ini akan diuji menggunakan analisis regresi berganda.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengungkapan CSR berpengaruh negatif signifikan terhadap agresivitas pajak perusahaan. Karena semakin tinggi tingkat pengungkapan CSR suatu perusahaan, semakin rendah tingkat agresivitas pajaknya. Sedangkan variabel likuiditas, capital intensity dan komisaris independen tidak berpengaruh signifikan terhadap agresivitas pajak.

Keywords


CSR; Likuiditas; Capital Intensity; Komisaris Independen; Agresivitas Pajak.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.22441/tekun.v13i2.24635

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEKUN: Jurnal Telaah Akuntansi dan Bisnis [p-ISSN 2085-8752 | e-ISSN 2622-1470]
Magister Akuntansi, Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215870341
http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/tekun

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats