PENGARUH UMUR, PENDIDIKAN, PENGHASILAN BRUTO, DAN MORAL TERHADAP KEPATUHAN PEMBAYARAN PAJAK (Studi Empiris WPOP Usahawan pada Mall Ciputra)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Menemukan bukti empiris mengenai pengaruh umur Wajib Pajak terhadap kepatuhan pembayaran pajak; 2) Menemukan bukti empiris mengenai pengaruh pendidikan Wajib Pajak terhadap kepatuhan pembayaran pajak; 3) Menemukan bukti empiris mengenai pengaruh penghasilan bruto Wajib Pajak terhadap kepatuhan pembayaran pajak; 4) Menemukan bukti empiris mengenai pengaruh moral Wajib Pajak terhadap kepatuhan pembayaran pajak. Jenis penelitian ini digolongkan pada penelitian yang bersifat kuantitatif kausalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah wajib pajak orang pribadi usahawan di Mall Ciputra. Pemilihan sampel dengan metode convenience sampling. Jenis data yang digunakan adalah data subyek, dan sumber data yang digunakan adalah data primer. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada 100 responden. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan, 1) Umur Wajib Pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan membayar Pajak; 2) Pendidikan Wajib Pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan membayar Pajak; 3) Penghasilan Bruto Wajib Pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan membayar Pajak; 4) Moral Wajib Pajak pengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan membayar Pajak.
Kata kunci: umur, pendidikan, penghasilan bruto, moral, kepatuhan pembayaran pajak.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.22441/tekun.v4i2.311
Refbacks
- There are currently no refbacks.
TEKUN: Jurnal Telaah Akuntansi dan Bisnis [p-ISSN 2085-8752 | e-ISSN 2622-1470]
Magister Akuntansi, Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215870341
http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/tekun
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.