ANALISIS KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN PROPERTY DAN REAL ESTATE BERDASARKAN KEBERADAAN WANITA DALAM MANAJEMEN PUNCAK, KEPEMILIKAN MANAJERIAL DAN UKURAN PERUSAHAAN

Luna Haningsih, Dewi Sartika

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh keberadaan wanita dalam manajemen puncak, kepemilikan manajerial dan ukuran perusahaan terhadap kinerja keuangan perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2012–2017. Pemilihan sample dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Dari jumlah populasi sebanyak 48 perusahaan diperoleh 12 perusahaan yang memenuhi kriteria sebagai sample. Metode pengumpulan data menggunakan metode studi kepustakaan dan studi dokumentasi. Data analisis menggunakan model regresi data panel dengan pendekatan Common Effect Model. Penelitian ini membuktikan bahwa keberadaan wanita dalam manajemen puncak tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan perusahaan. Kepemilikan manajerial tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan perusahaan. Ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan perusahaan

Keywords


Woman Existance, Managerial Ownership, Company Size, Company Financial Performance

Full Text:

PDF

References


Agrestya, W., (2010), Analisis Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Struktur Modal Terhadap Kinerja Keuangan pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI, Jurnal Manajemen.

Aluy, C.A., Joy & Hiskia, (2017), Pengaruh Keberadaan Wanita dalam Manajemen Puncak dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Kinerja Keuangan Perbankan, Jurnal Manajemen 2(5), Universitas Sam Ratulangi.

Anonymous, (2018), Laporan Keuangan Perusahaan Tercatat. Diunduh dari : https://www.idx.co.id/perusahaan-tercatat/laporan-keuangan-dan-tahunan/. Pada tanggal 01 Oktober 2018.

Ariefianto, M.D., (2012), Ekonometrika Esensi dan Aplikasi dengan Menggunakan Eviews, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Brealey, R.A., Stewart, C., Myers & Alan J.M., (2008), Dasar-dasar Manajemen Keuangan Perusahaan, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Cornelius, B., (2017), Pengaruh Komisaris Independen, Diversitas Gender, Size, dan Laverage terhadap Kinerja Keuangan pada Perusahaan Publik di Indonesia, Jurnal Manajemen, Universitas Lampung, Bandar Lampung.

Fachrudin, K.A., (2011), Analisis Pengaruh Struktur Modal, Ukuran Perusahaaan, dan Agency Cost terhadap Perusahaan, Jurnal Akuntansi dan Keuangan 1(12).

Faramita, Y., (2016), Pengaruh Keberadaan Dewan Direksi Wanita dan Dewan Komisaris Wanita Terhadap Manajemen Laba (Earnings Management) pada Perusahaan Publik Di Indonesia, Jurnal Manajemen, Universitas Lampung, Bandarlampung.

Ghozali, I. & Ratmono, D, (2017), Analisis Multivariat dan Ekonometrika Teori, Konsep dan Aplikasi dengan Eviews 10 Edisi ke-2, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Ghozali, I., (2011), Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Gujarati dan Porter, (2012), Dasar-dasar Ekonometrika Edisi ke-5, Salemba Empat, Jakatra.

Gujarati, D.N., (2004), Basic Econometrics, The McGraw - Hill Companies.

Herman, N.W., (2016), Analisis Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Laverage dan Intellectual Capital Terhadap Kinerja Perusahaan, Jurnal Akuntansi, Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Iqbal, Muhammad, Tahapan Analisis Regresi Data Panel, (online) Tersedia : https://dosen.perbanas.id/regresi-data-panel-3-penggunaan-eviews-8/ pada 28 Juni 2018.

Kristanti, P., (2010), Tingkat Variasi Gender Posisi Manajemen Puncak dan Kualitas Laba Perusahaan, Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan 2(6), Universitas Kristen Duta Wacana, Yogyakarta.

Margaretha, F. & Letty, (2017), Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kinerja Keuangan Perbankan Indonesia, Jurnal Manajemen Keuangan 2(6), Universitas Trisakti, Jakarta.

Novilia, O., & Nugroho, P.I., (2016), Pengaruh Manajemen Puncak Wanita Terhadap Manajemen Laba, Jurnal Akuntansi, Keuangan dan Perbankan 1(5), Universitas Kristen Satya Wacana.

Peraturan Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2010, Diunduh dari https://jdih.kemenpppa.go.id/peraturan/Permeneg%20PP&PA%20No.25%20Thn%202010%20-%20PPRG%20di%20MenPAN&RB.pdf. pada tanggal 25 Juni 2018.

Peraturan Meteri Dalam Negeri Nomor 5 Tahun 1974 Tentang Ketentuan-ketentuan Mengenai Penyediaan dan Pemberian Tanah untuk Keperluan Perusahaan, Diunduh dari https://www.ndaru.net>pmdn_05_1974 pada tanggal 26 Februari 2019.

Prahutama, A., et.al., (2014), Modul Praktikum Ekonometrika, Fakultas Sains dan Matematika, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Pratiwi, M.W., (2017), Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kinerja Keuangan Perusahaan, Jurnal Ekonomi dan Manajemen 1(32).

Purnamasari, D., (2012), Pengaruh Tingkat Kesehatan Bank Terhadap Laba Operasional (Studi Empirik Pada Bank Umum Di Indonesia Periode 2002–2011), Tesis Program Pascasarjana Universitas Terbuka, Jakarta.

Pusakasari, A.S., Regresi Panel Dengan Metode Weighted Cross-Section SUR Pada Data Pengamatan Gross Domestic Product Dengan Heterokedastisitas Dan Korelasi Antar Individu (Cross-Section Correlation), F.MIPA, Universitas Brawijaya, Malang.

Puspitasari, D., (2014), Pengaruh Keberadaan Wanita dalam Keanggotaan Dewan, Profitabilitas Laverage, Rasio Aktivitas Perusahaan, Ukuran Perusahaan dan Dewan Komisaris Independen Terhadap Restatement Laporan Keuangan Perusahaan, Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Universitas Diponegoro Semarang, Semarang.

Puspitasari, F. & Ernawati, E, (2010), Pengaruh Mekanisme Corporate Governance terhadap Kinerja Keuangan Badan Usaha, Jurnal Manajemen Teori dan Terapan 2, Univeristas Surabaya, Surabaya.

Rachman, R.A., (2014), Pengaruh Kepemilikan Manajerial dan Kepemilikan Institusional terhadap Kinerja Keuangan pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI, Jurnal Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas, Surabaya.

Rahmanta, (2009), Aplikasi Eviews Dalam Ekonometrika, Universitas Sumatra Utara, Fakultas Sosial Ekonomi, Medan.

Rianse, U. & Abdi, (2012), Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi (Teori dan Aplikasi), Alfabeta, Cet-3, Bandung.

Ross, S.A. et.al., (2015), Pengantar Keuangan Perusahaan, Penerbis Salemba Empat, Jakarta.

Santoso, U., (2005), Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, Prestasi Pustaka, Jakarta.

Sari, E.H., (2017), Pengaruh Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Aset Perusahaan Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan yang Terdaftar dalam Jakarta Islamic Index Tahun 2012-2015, Jurnal Akuntansi, Institut Agama Islam Negeri, Surakarta.

Sari, F.P., & Ernawati, E., (2010), Pengaruh Mekanisme Corporate Gorvernance Terhadap Kinerja Keuangan Badab Usaha, Jurnal Manajemen Teori dan Terapan 2(3).

Satrio, A.G., (2016), Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kinerja Keuangan Perusahaan, Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Universitas Diponegoro Semarang, Semarang.

Sihite, R.C., (2012), Pengaruh Gender pada Dewan Komisaris, Dewan Direksi dan Komite Audit Terhadap Profitabilitas dan Kualitas Laba Perusahaan, Universitas Indonesia, Depok.

Singarimbun, M. & Effendi S., (1995), Metode Penelitian Survai, LP3ES, Jakarta.

Sugiyono, (2009), Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D, ALFABETA, Bandung.

Sugiyono, (2012), Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, ALFABETA, Bandung.

Suherman, (2017), Pengaruh CEO Wanita Terhadap Cash Holding Perusahaan, Jurnal Ilmiah Manajemen 1(7).

Suma, Tarwa, Pengertian Robust Design Dalam Perancangan Produk, Diakses di http://tarwasuma.blogspot.co.id/2009/11/pengertianrobustdesigndalam.html, pada tanggal 28 Juni 2018.

Susilawati, R.A.E, (2007), Pengaruh Kepemilikan Manajerial dan Kepemilikan Institusional Terhadap Kebijakan Hutang Perusahaan, Jurnal Ekonomi Modernisasi 2(3).

Syafi’i, M., Analisis regresi: model data panel, Diakses dari : http://www.diassatria.com/analisis-regresi-model-data-panel/ pada tanggal 28 Juni 2018.

Syamsuddin, L., (2007). Manajemen Keuangan Perusahaan, Penerbit PT Rajagrafindo Persada, Jakarta.

Teg, W.T., & Utami, W., (2011), Pengaruh Gender Diversity dan Remunerasi Direksi Terhadap Kinerja Perusahaan di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Manajemen.

Tim Penyusun, (2011), Modul Eviews 6, Unit Pengembangan Fakultas Ekonomika, Universitas Diponegoro, Semarang.

Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah, diakses pada tanggal 28 Juni 2018 dari https://www.bi.go.id/id/tentangbi/uubi/Documents/UU20Tahun2008UMM.pdf.

Waskito, Titis, (2014), Pengaruh Struktur Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Kinerja Keuangan, Jurnal Akutansi, Universitas Muhammadiyan Surakarta, Surakarta.

Widyati, M.F., (2013), Pengaruh Dewan Direksi, Komisaris Independen, Komite Audit, Kepemilikan Manajerial dan Kepemilikan Institusional Terhadap Kinerja Keuangan, Jurnal Ilmu Manajemen 1(1), Universitas Negeri Surabaya, Surabaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/teropong.v10i3.16789

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Teropong : Jurnal Manajemen dan Bisnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.