STRATEGI PENGEMBANGAN WISATA KAMPUNG TEMATIK BERKELANJUTAN (STUDI KASUS: KAMPUNG BEKELIR KOTA TANGERANG)

Nadia Resita Christantia, Andhi Seto Prasetyo

Abstract


Kampung Bekelir merupakan kampung wisata “warna-warni” berlokasi di Jalan Perintis Kemerdekaan, Babakan, Tangerang Kota. Kampung Bekelir bertransformasi menjadi kampung kreatif, dahulu bernama Kampung Babakan RW 01 yang sifatnya kumuh dan rata-rata masyarakat di dalamnya memiliki permasalahan sosial. Sejak ditetapkannya kampung Babakan ini menjadi kampung kreatif sebagai kampung wisata, kondisi lingkungan dan masyarakat Kampung Bekelir mengalami banyak perubahan secara ekonomi dan sosial. Namun seiring berjalannya waktu, kampung Bekelir mengalami kemunduran dalam wisatanya, Karena Pandemi Covid 19 pada kurun waktu 3 tahun. Permasalahan yang perlu dikaji dalam penelitian ini adalah “Bagaimana mengembangkan strategi konsep pariwisata yang berkelanjutan di Kawasan Kampung Berkelir Kota Tangerang?”. Untuk menjawab permasalahan tersebut dibutuhkan penelitian lebih dalam seperti mengidentifikasi aspek fisik (lokasi, kondisi eksisting, denah/zoning, fasilitas), aspek prinsip pariwisata kota berkelanjutan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyusun strategi konsep pariwisata yang berkelanjutan pada Kampung Bekelir Kota Tangerang. Pendekatan yang diterapkan dalam penelitian ini berparadigma pada pendekatan induktif dan metodologi penelitian yang digunakan ialah metode kualitatif deskriptif yang mengharuskan peneliti untuk melakukan observasi langsung. Hasil penelitian menunjukkan Kawasan kampung bekelir sudah mulai menjaga lingkungan kampung agar tetap selalu bersih dan sehat serta mewujudkan kampung bekelir sebagai kampung wisata tematik yang berkelanjutan, dibutuhkan startegi pariwisata yang tepat dan menerapkan sepuluh prinsip pariwisata berkelanjutan. Penelitian ini diharapkan dapat berguna bagi masyarakat Kampung Bekelir Kota Tangerang serta sebagai masukan dan pertimbangan untuk pengambilan kebijakan di kota Tangerang maupun kota lainnya dalam perencanaan pengembangan wisata kota sejenis.


Keywords


kampung bekelir, urban tourism, sustainable urban tourism, sustainable tourism

References


Alireza Estelaji, H. S. "The Role of Urban Tourism to achieve Urban Sustainable Development." International Journal of Geology, Vol. 6, no. 1, 2012: 18.

Creswell, J. W. (2007). “Five Qualitative Approaches to Inquiry”. In Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches, SAGE.

Groat, L., & Wang, D. (2013). “Chapter 7.1: Introduction” and “Chapter 7.2: The Strategy of Qualitative Research: General Characteristics”. In Architectural Research Methods, Wiley.

Kurniawati, Rina. Modul Pariwisata Berkelanjutan. n.d. (accessed 09 09, 2014).http://budparporabengkayang.com/phocadownload/modul-pariwisata-berkelanjutan.pdf

Onkar, Harsimran Cadha & Preeti. "Sustainable Urban Tourism: A Case of Omkareshwar." OIDA Internatioanl Journal of Sustainable Development.

Prasetyo, Andhi Seto. 2015. "Pengembangan Kota Lama Tangerang Sebagai Destinasi Wisata Pusaka." Tesis Magister Teknik Perencanaan,

Bastian, Asep Ferry. 2021 "Strategi Pengembangan Kampung Wisata Tematik". E-book penerbit Insan Cendikia Mandiri Publisher of educational books,

Prasetyo, Andhi Seto. 2023. "Prinsip Dan Elemen Pariwisata Berkelanjutan Sebagai Daya Tarik Dan Eksistensi Wisata Kuliner Di Pasar Lama Tangerang." Vitruvian Jurnal Arsitektur, Bangunan & Lingkungan, Vol.12, no.22, 2023: 205-218.

Permatasari, dkk. 2022. "Identifikasi Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perubahan Kampung dari Semi Kumuh Menjadi Kampung Kreatif (Studi Kasus: Kampung Bekelir, Kelurahan Babakan, Kota Tangerang)". Region Jurnal Pembangunan Wilayah dan Perencanaan Partisipatif, Volume 17 , Nomor 2 (2022)

Peraturan Daerah Kota Tangerang Nomor 6 Tahun 2012 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Tangerang 2012-2032.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/vitruvian.2024.v14i1.001

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Vitruvian : Jurnal Arsitektur, Bangunan dan Lingkungan

License URL: http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/virtuvian/article/view/21910

Layout Jurnal Vitruvian: Download

Declaration & CTA Form Vitruvian: Download

(WAJIB DI UPLOAD SEBAGAI SUPLEMENTARY SAAT SUBMIT ARTIKEL)

Vitruvian
Program Studi Arsitektur
Fakultas Teknik Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax : +62215871335
Surel : [email protected]
p-ISSN : 2088-8201
e-ISSN : 2598-2982
Website : http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/virtuvian
DOI : 10.22441/vitruvian

Vitruvian is indexed by the following abstracting and indexing services:

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

Web
Analytics Made Easy - StatCounter
View My Stats