TENDENSI PENERAPAN PERANGKAT LUNAK BIM (Building Information Modeling) DAN NON-BIM PADA MATA KULIAH PERANCANGAN ARSITEKTUR
Abstract
Perangkat lunak berbasis Computer Aided Design (CAD) masih menjadi salah satu andalan setiap mahasiswa dalam kegiatan mendesain pada mata kuliah perancangan. Namun, hal tersebut dapat menjadi masalah pada era digitalisasi yang terus berkembang pesat karena disatu sisi perangkat lunak berbasis Building Information Modeling (BIM) sudah mulai banyak digunakan untuk merancang. Perangkat lunak berbasis BIM dalam dunia desain memberikan solusi yang lebih efisien dan terintegrasi, serta sudah berkembang sejak beberapa tahun silam. Metode BIM menawarkan efisiensi waktu pengerjaan desain yang lebih adaptif dan terukur sehingga dapat membantu mahasiswa dalam membuat gambar rancang yang lebih komprehensif. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kecenderungan mahasiswa arsitektur yang aktif dalam merancang menggunakan perangkat lunak pada mata kuliah perancangan arsitektur khususnya pada rancangan yang kompleks. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif untuk menguji hipotesis dengan mengidentifikasikan tiga faktor dalam kecenderungan pemilihan perangkat lunak BIM dan non-BIM yang memiliki pengaruh penting dalam proses pembelajaran yaitu self-rated Proficiency (Kemampuan), Learning Time / Exposure (Waktu), dan Functional Tendency Principle (Fungsi). Hasil dari penelitian menunjukan sebagian besar mahasiswa masih cenderung menggunakan perangkat lunak non-BIM. Mahasiswa dengan tingkat pemahaman yang lebih tinggi, masa studi yang lebih panjang, serta kemampuan menyesuaikan penggunaan perangkat lunak dengan kebutuhan perancangan, cenderung memilih BIM sebagai perangkat utama dalam proses desain lanjutan. Secara keseluruhan, penelitian ini menegaskan bahwa tiga faktor tersebut memiliki keterkaitan terhadap kecenderungan mahasiswa dalam memilih BIM atau non-BIM.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abdirad, H. and Dossick, C.S. (2016) “BIM curriculum design in architecture, engineering, and construction education: a systematic review,” Journal of Information Technology in Construction (ITcon), 21(17), pp. 250–271.
Adhi, R.P., Hidayat, A. and Nugroho, H. (2016) “Perbandingan efisiensi waktu, biaya, dan sumber daya manusia antara metode Building Information Modelling (BIM) dan konvensional (studi kasus: perencanaan gedung 20 lantai),” Jurnal Karya Teknik Sipil, 5(2), pp. 220–229.
Agirbas, A. (2020) “Teaching construction sciences with the integration of BIM to undergraduate architecture students,” Frontiers of Architectural Research, 9(4), pp. 940–950. Available at: https://doi.org/10.1016/j.foar.2020.03.007.
Amin, N.F., Garancang, S. and Abunawas, K. (2023) “Konsep Umum Populasi dan Sampel dalam Penelitian,” PILAR, 14(1), pp. 15–31.
Barison, M.B. and Santos, E.T. (2021) “The Evolution of the Descriptive Geometry Course for Architecture Students at a Public University in Northern Paraná,” in L.-Y. Cheng (ed.) ICGG 2020 - Proceedings of the 19th International Conference on Geometry and Graphics. Cham: Springer International Publishing, pp. 691–702. Available at: https://doi.org/10.1007/978-3-030-63403-2_62.
Compeau, D. and Higgins, C. (1995) “Computer Self Efficacy: Development of a Measure and Initial Test,” Management Information Systems Quarterly, 19(2). Available at: https://aisel.aisnet.org/misq/vol19/iss2/4.
Crano, W.D. and Prislin, R. (2011) Attitudes and Attitude Change. Psychology Press.
Creswell, J.W. and Creswell, J.D. (2018) “Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches.”
Deniz, G.O. (2018) “Emerging CAD and BIM trends in the AEC education: an analysis from students’ perspective,” Journal of Information Technology in Construction (ITcon), 23(7), pp. 138–156.
Ericsson, K.A. (2006) “The influence of experience and deliberate practice on the development of superior expert performance,” The Cambridge handbook of expertise and expert performance, 38(685–705), pp. 2–2.
Katz, D. (1960) “The Functional Approach to The Study of Attitudes,” Public Opinion Quarterly, 24(2), pp. 163–204. Available at: https://doi.org/10.1086/266945.
Kumar, R. (2018) “Research Methodology: A Step-by-Step Guide for Beginners,” pp. 1–528.
Latif Rauf, H., S Shareef, S. and Najim Othman, N. (2021) “Innovation in architecture education: Collaborative learning method through virtual reality,” Journal of Higher Education Theory and Practice, 21(16), pp. 33–40.
Maharika, I. et al. (2020) “Building Information Modelling (BIM) Adoption Model for Architectural Education,” Journal of Design and Built Environment, 20, pp. 22–42. Available at: https://doi.org/10.22452/jdbe.vol20no3.2.
Maina, J. (2018) “CAD and BIM in architecture education: Awareness, proficiency and advantages from the student perspective,” Gazi University Journal of Science Part B: Art Humanities Design and Planning, 6(4), pp. 167–178.
Peng, P. et al. (2022) “Building Information Modeling Learning Behavior of AEC Undergraduate Students in China,” Behavioral Sciences, 12(8), p. 269. Available at: https://doi.org/10.3390/bs12080269.
Van Tam, N. et al. (2021) “Factors affecting adoption of building information modeling in construction projects: A case of Vietnam,” Cogent Business & Management. Edited by A.W.K. Tan, 8(1), p. 1918848. Available at: https://doi.org/10.1080/23311975.2021.1918848.
Wibowo, A. and Mieslenna, C. (2023) “Mengeksplorasi Penerapan Building Information Modeling (Bim) Pada Industri Konstruksi Indonesia Dari Perspektif Pengguna Exploring the Implementation of Building Information Modeling (Bim) In the Indonesian Construction Industry from Users’ Perspectives.”
DOI: http://dx.doi.org/10.22441/vitruvian.2025.v15i3.001
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Vitruvian : Jurnal Arsitektur, Bangunan dan Lingkungan
License URL: http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/virtuvian/article/view/34180
Layout Jurnal Vitruvian:Download
Declaration & CTA Form Vitruvian:Download
(WAJIB DI UPLOAD SEBAGAI SUPLEMENTARY SAAT SUBMIT ARTIKEL)
Vitruvian
Program Studi Arsitektur
Fakultas Teknik Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax : +62215871335
Surel : [email protected]
p-ISSN : 2088-8201
e-ISSN : 2598-2982
Website : http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/virtuvian
DOI : 10.22441/vitruvian
Vitruvian is indexed by the following abstracting and indexing services:

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.







