PEMANFAATAN DAN KEKUATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI BISNIS KULINER TAIWAN (STUDI KASUS CHICLIN)
Abstract
Kebiasaan ngemil sudah menjadi bagian dari rutinitas anak muda saat ini terutama Indonesia. Bukan sekedar makan makanan ringan, ngemil menjadi kegiatan yang digemari karena dirasa cocok dengan karakter anak muda atau kaum milenial. Tekanan di kampus, pekerjaan, maupun lingkungan seringkali membuat milenial dilanda stres. Banyak cara yang dilakukan untuk menghadapi stress, salah satunya adalah dengan ngemil. Di tengah kesibukan yang terus menerus membuat tertekan, milenial merasa membutuhkan camilan untuk menemaninya. Hal tersebut tentu akan berpengaruh pada pembentukan karakter yang cenderung sangat menghargai diri sendiri. Dari ngemil pula milenial bisa berinteraksi dengan teman-temannya. Berawal dari ngemil bersama, akan berlanjut pada berbincang-bincang hingga bertukar pikiran. Apalagi, milenial senang sekali menghabiskan waktu bersama teman-temannya dalam suatu kelompok. Momen itulah yang juga dimanfaatkan oleh produsen. Mengadopsi camilan ayam kriuk dari Taiwan, produsen dianggap berhasil mengambil hati para milenial dan mengembangkan waralabanya hingga mencapai 1352 titik waralaba di seluruh nusantara. Keberhasilan ini bisa dibilang merupakan kerja keras tim marketingnya yang juga kebanyakan kaum milenial dan yang juga piawai memanfaatkan Sosial media dalam pemasaran selama ini. Social media dianggap merupakan jembatan yang tepat dan pas untuk dapat terhubung dengan para pecinta kuliner dan menjual produk-produknya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Almanshur Fauzan & Ghony Djunaidi (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jogjakarta. Ar- Ruzz Media.
Totok A Soefijanto dan Ika K Idris. (2012). Integrated Marketing Communications. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama.
Chaffey, (2015). Digital Business and E-Commerce Management 6th edition. England: Pearson Education Limited,
Junianto, T. K. (2019). Didominasi Asing, Bisnis Waralaba Lokal Ditaksir Stagnan Tahun Ini. Katadata.Co.Id. https://katadata.co.id/ekarina/berita/5e9a4c54e30e9/disaingi-asing-bisnis-waralaba-lokal-ditaksir-stagnan-tahun-ini
Jurnal:
Pasaribu, Eky Mery (2011). Evaluasi Komunikasi Pemasaran Wirausaha Kecil Menegah Di New Wave Marketing, Studi Tentang Wirausaha Salon Perawatan Kecantikan Di Perumahan. Jakarta. Universitas Indonesia.
Santi Isnaini (2016). Implementasi Komunikasi Pemasaran Terpadu sebagai Penyampai Pesan Promosi UKM, Pusat Pengembangan Jurnal dan Publikasi Ilmiah. Universitas Airlangga. dalam http://journal.unair.ac.id/download-fullpapers diakses pada 20 Februari 2020
Stevi Larasati (2013). Implementasi Social Media Marketing pada Strategi Komunasi Pemasaran. Jakarta. Universitas Indonesia
Fani Puspitasari, Henni Gusfa (2017). Strategi Promosi Online Shop Melalui Sosial media Dalam membangun Brand Engagement (Studi Kasus: Promosi Brand Sally Heart Melalui Akun Instagram @ukhtisally), https://publikasi.merc ubuana.ac.id/index.php/mediakom/ article/view/2969, diakses 01 Februari 2022
Media Elektronik:
Glassdor, T. (2021). What is Business Strategy and Why its Important. Glassdor. https://www.glassdoor.com/blog/guide/business-strategy/
Hofstrand, D. (2005). Promoting Your Business. In Promoting Your Business. ISU extension and outreach (Issue August). https://doi.org/10.4324/9781351015875-8
Internetworldstats. (2022). Asia Marketing Research, Internet Usage, Population Statistics and Facebook Subscribers. Internetworldstats. Retrieved March 6, from https://www.internetworldstats.com/asia.htm#id
Jayani, D. H. (2020). 10 Media Sosial yang Paling Sering Digunakan di Indonesia.https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/02/26/10-media-sosial-yang-paling-sering-digunakan-di-indonesia
Juliani, R. D. (2009). Merintis Usaha Melalui Bisnis Franchise, Retno Djohar Juliani Dosen Administrasi Niaga Universitas Pandanaran. http://jurnal.unpand.ac.id/index.php/dinsain/article/view/124
Rashid, Y., Rashid, A., Warraich, M. A., Sabir, S. S., & Waseem, A. (2019). Case Study Method: A Step-by-Step Guide for Business Researchers. International Journal of Qualitative Methods, 18, 1–13. https://doi.org/10.1177/1609406919862424
Syam, A. W. U. A. (2020). Dampak Kebijakan Proteksi Indonesia Pada bidang Waralaba Asing (Studi Kasus: Kentucky Fried Chicken) Wanua: Jurnal Hubungan Internasional Departemen Ilmu Hubungan Internasional- Universitas Hasanuddin, 5(1), 23–37. https://journal.unhas.ac.id/index.php/wanua/article/view/14069
Sugianto, D. (2021). Daftar 10 Jagoan e-Commerce di Indonesia Baca artikel detikfinance, “Daftar 10 Jagoan e-Commerce di Indonesia” selengkapnya https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-5735421/daftar-10-jagoan-e-commerce-di-indonesia. Detik Finance. https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-5735421/daftar-10-jagoan-e-commerce-di-indonesia
Annisa Bella, (2017). Produsen, Kenali Kebiasaan Konsumsi Camilan Konsumen Indonesia. (Online), https://marketeers.com/produsen-kenali-kebiasaan-konsumsi-camilan-konsumen- indonesia/. diakses pada 18 Februari 2020
Argo Utomo (2018). 10 Strategi media Sosial Marketing untuk Bisnis Berskala Kecil (Online). https://whello.id/tips-digital-marketing/10-strategi-media-sosial-marketing-untuk-bisnis- berskala-kecil/. diakses pada 18 Februari 2020
Brian Solis, (2008). The Essential Guide to SocialMedia. (Online). http://www.briansolis.com/2008/06/essential-guide-to-social-media-free/. Diakses pada 20 Februari 2020
Kimberlee Morrison. (2015). The Real Value in Social Media For Business (Infographic). (Online), (http://www.adweek.com). Diakses pada 20 Februari 2020
Redaksi bisnisUKM; (2011), 7 Kunci Sukses Mengembangkan Bisnis Franchise dalam https://bisnisukm.com/7-kunci-sukses-mengembangkan-bisnis-franchise.html, Diakses pada 01 February 2020
Retno Djohar Juliani; (2009); Merintis Usaha Melalui Bisnis Franchise, Jurnal Unpand.ac.id (Online); Univ. Pandanaran). Diakses pada 01 February 2020
Wanda Ayu. (2019). Budaya Asing dalam Kuliner Nusantara. (Online), (http://www.ui.ac.id), diakses 16 Oktober 2019.
DOI: http://dx.doi.org/10.22441/visikom.v21i01.15347
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Visi Komunikasi [p-ISSN 1412-3037 | e-ISSN 2581-2335]
Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215870341
http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/viskom
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Visi Komunikasi was indexed by :