Pola Komunikasi Komunitas Katapel (Studi Etnografi Komunikasi Komunitas Katapel dalam Merevitalisasi Kearifan Lokal Menjadi Ekonomi Kreatif)
Abstract
Abstrak. Kebutuhan, keinginan dan cara pemesanan katapel menentukan proses komunikasi khas selama proses transaksi di workshop pengrajin atau basecamp klub. Cara pemesanan, suasana pemesanan dan pelayanan melibatkan tidak tutur dan peristiwa komunikasi sesuai dengan peran masing-masing personal. Tindak tutur pengrajin katapel-pelanggan di worksop pengrajin atau basecamp klub sebagai pokok masalah pada penelitian ini. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode etnografi komunikasi dengan kerangka kerja Dell Hymes. Pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui observasi participan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian komunikasi yang khas dalam mengkomunikasikan jenis katapel, perlengkapan katapel,bahan, bentuk, cara memainkan dan jenis layanan yang diberikan penjual kepada pembeli sebagai pola komunikasi komunitas katapel.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.22441/visikom.v22i01.16278
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Visi Komunikasi [p-ISSN 1412-3037 | e-ISSN 2581-2335]
Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215870341
http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/viskom
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Visi Komunikasi was indexed by :