PENDEKATAN EDUKASI DALAM PROGRAM KAMPANYE “TANYA SAYA” BPJS KETENAGAKERJAAN

Dini Guswandani

Abstract


After transformed on January 1, 2014 from PT Jamsostek (Persero) into BPJS Ketenagakerjaan, it creates different public support. The Division of Communication implementing “Tanya Saya” campaign program to each branch office Public Relations BPJS Ketenagakerjaan in order to educate public about the changes and services that provided. The purpose of this research was to determine the criteria of the implementation campaign program “Tanya Saya” in educating South Jakarta area’s communities by PR BPJS Ketenagakerjaan Branch Jakarta Menara Jamsostek. This study uses the qualitative – descriptive approach. The result showed that the implementation of campaign program “Tanya Saya” that has been executed by PR BPJS Ketenagakerjaan branch Jakarta Menara Jamsostek is implemented in accordance with the component of the third stage PR Program that is Communication and Action. In the research’s result is described that the message that is delivered by the speaker in the campaign “Tanya Saya” has motivated the audience to ask question and learn more about BPJS Ketenagakerjaan programs. The success of the event can be seen from the enthusiasm of people who visit the booth BPJS Ketenagakerjaan branch Jakarta Menara Jamsostek

Pasca bertransformasi pada tanggal 1 Januari 2014 dari PT Jamsostek (Persero) menjadi BPJS Ketenagakerjaan, hal tersebut menimbulkan persepsi dan dukungan publik yang berbeda-beda. Divisi Komunikasi melaksnakan Program Kampanye “Tanya Saya” kepada Humas BPJS Ketenagakerjaan di setiap kantor cabang guna mengedukasi masyarakat terhadap perubahan dan layanan yang diberikan. Seperti yang dilakukan Humas BPJS Ketenagakerjaan Cabang Jakarta Menara Jamsostek. Tujuan penelitian untuk mengetahui kriteria pelaksanaan program kampanye “Tanya saya” dalam mengedukasi masyarakat di wilayah Jakarta Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program kampanye “Tanya Saya” yang dijalankan oleh Humas BPJS Ketenagakerjaan Cabang Jakarta Menara Jamsostek diimplementasikan sesuai dengan komponen tahapan program humas ketiga yaitu komunikasi dan pelaksanaan. Pada hasil penelitiannya, dideskripsikan bahwa pesan yang disampaikan oleh pembicara dalam Kampanye “Tanya Saya” cukup memotivasi masyarakat untuk bertanya dan mengetahui lebih jauh tentang program yang dimiliki. Kesuksesan kegiatan terlihat dari antusiasme masyarakat yang mengunjungi booth BPJS Ketenagakerjaan Cabang Jakarta Menara Jamsostek.


Keywords


PR Campaign, BPJS Ketenagakerjaan, Education

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.22441/visikom.v16i1.1646



Jurnal Visi Komunikasi [p-ISSN 1412-3037 | e-ISSN 2581-2335]
Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215870341
http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/viskom

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Web
Analytics Made Easy - StatCounter
View My Stats

 

Jurnal Visi Komunikasi was indexed by :

width=150 width=150 width=50 width=50 width=50