DISEMINASI INFORMASI PUBLIK TENTANG PERINGATAN DINI BENCANA (Studi Kasus Penyebaran Informasi Peringatan Dini oleh BMKG kepada Pekerja Media)

Emilia Bassar

Abstract


Early warning systems are delivered through the mass media has a huge role in improving the literacy community will be a disaster when the disaster is going well (through reporting) as well as in the monitoring of the symptoms of a disaster. This study aimed to uncover and get a picture of the perception and acceptance of mass media reporters in Jakarta on early warning information dissemination by the Meteorology, Climatology and Geophysics. Results of this study indicate that community reporters after discovery of early dissemination peringanatn, merisponnya well, and consider it very important. However, there are still some obstacles, especially the use of the term does not quite fit with the understanding and inskonsiten reporters. Many technical terms in the field of meteorology, climatology and geophysics are not well understood by most journalists because journalists have diverse backgrounds and not all of the categories of education in the field of weather, climatology or geophysics.


Sistem peringatan dini yang disampaikan melalui media massa memiliki peranan yang sangat besar dalam meningkatkan literasi masyarakat akan bencana baik ketika bencana sedang terjadi (melalui pemberitaan) maupun dalam melakukan pemantauan akan gejala bencana. Penelitian ini ditujukan untuk mengungkap dan memperoleh gambaran mengenai persepsi dan penerimaan wartawan media massa di Jakarta mengenai diseminasi informasi peringatan dini bencana oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunitas wartawan setelah mengetahui adanya diseminasi informasi peringanatn dini, merisponnya dengan baik, dan menganggapnya sangat penting. Namun demikian masih ada beberapa kendala terutama penggunaan istilah yang kurang pas dan inskonsiten dengan pemahaman wartawan. Banyak istilah-istilah teknis di bidang meteorologi, klimatologi dan geofisika yang tidak dipahami dengan baik oleh wartawan karena sebagian besar wartawan memiliki latar belakang yang beragam dan tidak semua dari kategori pendidikan di bidang cuaca, klimatologi atau geofisika.


Keywords


diseminasi informasi, peringatan dini bencana

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.22441/visikom.v14i1.1668



Jurnal Visi Komunikasi [p-ISSN 1412-3037 | e-ISSN 2581-2335]
Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215870341
http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/viskom

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Web
Analytics Made Easy - StatCounter
View My Stats

 

Jurnal Visi Komunikasi was indexed by :

width=150 width=150 width=50 width=50 width=50