STRATEGI SOSIAL MEDIA KHAS PARAPAT MEMPERTAHANKAN REPUTASI DITENGAH TREND INDUSTRI PASCA PANDEMI

David Fero

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi sosial media Khas Parapat dalam mempertahankan reputasi ditengah berkembangnya trend industri pariwisata pasca pandemi Covid-19. Metode penelitian ini adalah studi deskriptif kualitatif. Peneliti melakukan pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Khas Parapat memiliki strategi dalam memanfaatkan sosial media untuk mempertahankan reputasi antara lain diterapkannya aksi dan alokasi sumber daya yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya, melakukan penyesuaian terhadap kecepatan inovasi pasar yang baru dan merencanakan program sesuai dengan trend industri pariwisata yang berkembang saat ini dimana sangat dipengaruhi perubahan pola konsumen dalam berwisata.


Keywords


Strategi, Sosial Media, Reputasi, New Media, Komunikasi.

Full Text:

PDF

References


Charles J. Fombrun, Cees B.M. van Riel (2007). Essentials of Corporate Communication. Routledge.

datareportal.com. 15 Februari 2022. Digital 2022 Indonesia. Diakses 15 Januari 2023, dari https://datareportal.com/reports/digital-2022-indonesia

Helm, S., Lier-Gobbers, K., & Storck, C. (2011). Reputation Management. Springer.

Herwin, & A. F. (2018). Pengaruh Reputasi Perusahaan Dan Reputasi Vendor Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Dengan Kepercayaan Konsumen Sebagai Variabel Antara. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 3(3), 353–364. https://doi.org/10.36226/jrmb.v 3i3.161

Husein Umar. (2010). Desain Penelitian Manajemen Strategik. Jakarta: Rajawali Pers.

McQuail, Denis. (2011) Teori komunikasi massa. Jakarta: Salemba Humanika.

McQuail, Denis. (2010). Mcquail's Mass Communication Theory. 5th ed. London: Sage Publications.

Nasrullah, Rulli. (2015). Media Sosial; Persfektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung : Simbiosa Rekatama Media.

Rulli Nasrullah. (2016). Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi, ed. Nunik Siti Nurbaya, cetakan 2. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

tasranselparekraf.id. 7 Oct 2022.Tren Industri Pariwisata 2022 - 2023. Diakses 18 Desember 2022, dari https://tasranselparekraf.id/tren-industri-pariwisata-2022-2023/show

Wardrip-Fruin, Noah, and Nick Montfort. (2003). The New Media Reader.pdf. ed. Noah Wardrip-Fruin. London, England: The MIT Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/visikom.v22i02.20117

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Visi Komunikasi [p-ISSN 1412-3037 | e-ISSN 2581-2335]
Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215870341
http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/viskom

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Web
Analytics Made Easy - StatCounter
View My Stats

 

Jurnal Visi Komunikasi was indexed by :

width=150 width=150 width=50 width=50 width=50