PENDEKATAN KOMUNIKASI BAGI PENDENGAR DALAM MEMBANGUN POSITIONING PADA DEEPTALK PODCAST

Siti Muslichatul Mahmudah, Muthia Rahayu

Abstract


Beragamnya platform media digital membuat distribusi variasi akan konten yang dihasilkan juga semakin banyak berdasarkan dari masing-masing karakteristik media, seperti hal nya podcast yang mulai digemari bagi masyarakat Indonesia baik dari sisi pendengar maupun bagi para pembuat konten yang biasa disebut sebagai podcaster. Pilihan topik pada konten podcast juga kian bertambah salah satunya membahas obrolan ringan tentang kehidupan sehari-hari pada channel deeptalk podcast. Ditengah persaingan dengan banyak channel lainnya dan juga kebutuhan akan eksistensi dari channel deeptalk podcast ini bagi para pendengarnya, maka dari itu diperlukan sebuah strategi untuk mengkomunikasikan kepada khalayak mengenai positioning channel podcast tersebut agar tetap dinikmati pendengar setianya. Penelitian ini menggunakan paradgima konstruktivis. Dalam penelitian ini menggunakan konsep maupun teori yang terkait dengan aspek pendekatan komunikasi antara lain mengenal khalayak, menyusun pesan, menetapkan metode, dan penetapan media. Metode penelitian ini ialah studi kasus dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan triangulasi sumber untuk teknik keabsahan data.

Dari penelitian ini terlihat bahwa pendekatan komunikasi yang dilakukan deeptalk podcast mencakup beberapa aspek didalamnya mulai dari mengenal khalayak mereka yang dengan cara mereka tahu terlebih dahulu profil dan karakteristik khalayak pendengar mereka, lalu menyusun pesan yang akan dijadikan konten utama sampai dengan materi pendukung untuk dapat mempublikasikan dan mendistribusikan konten tersebut melalui beberapa metode yang dijalankan sampai dengan penetapan media-media yang digunakan antara lain spotify, apple podcast, anchor, dan juga sosial media sebagai media untuk menjangkau khalayaknya. Deeptalk podcast sudah memiliki diferensiasi yang meraka rancang untuk dapat menjadi positioning dihadapan khalayak, channel deeptalk podcast ini ingin dikenal sebagai channel podcast tentang cerita kehidupan yang dibahas secara mendalam namun tetap dibawa dengan ringan dan menghibur.

 


Keywords


Pendekatan Komunikasi, Podcast, New Media, Positioning.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.22441/visikom.v23i02.25788

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Visi Komunikasi [p-ISSN 1412-3037 | e-ISSN 2581-2335]
Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215870341
http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/viskom

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Web
Analytics Made Easy - StatCounter
View My Stats

 

Jurnal Visi Komunikasi was indexed by :

width=150 width=150 width=50 width=50 width=50