REPRESENTASI GAYA HIDUP PRIA METROSEXUAL DI MAJALAH PRIA IBUKOTA

Ahmad Mulyana

Abstract


Abstrak, Munculnya majalah mode dan gaya hidup trans-nasional untuk pria menawarkan
gaya hidup yang mengusung nilai-nilai konsumtif. Ditinjau dari isi, majalah-majalah pria
tersebut sekarang ini tidak ada bedanya dengan majalah wanita. Lelaki modern dipersuasi
untuk peduli terhadap kesempurnaan setiap jengkal tubuhnya. Para lelaki diarahkan untuk
mendisiplinkan diri dalam perawatan tubuh seperti halnya perempuan. Majalah pria
mengkonstruksi perilaku feminine bagi para lelaki sebagai keseharian gaya hidup mereka.
Gaya hidup seperti ini disebut metrosexual. Lelaki metrosexual biasanya adalah orang yang
memiliki karir yang cerah, kondisi finansial yang baik, dan sangat perhatian terhadap
penampilan diri. Media menjadi dinamisator bagi berkembangnya suatu gaya hidup yang
berdiri di atas kesadaran palsu. Dengan asumsi tersebut maka penulis meneliti apakah yang
tersembunyi dalam teks itu memang kepalsuan. Penelitian ini dilakukan terhadap tiga majalah
trans-nasional khusus pria yang beredar di Jakarta yaitu Majalah Men‟s Health, Men Fitness,
dan Best Life. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis isi
kualitatif dan analisis semiotic menjadi pilihan. Hasil penelitian dapat dikemukakan pertama,
representasi di tiga majalah tersebut adalah representasi pendekatan konstruktivis. Makna
dikonstruksikan lewat sistem bahasa dalam rangka mengidentifikasi citra tentang gaya hidup.
Melalui prosesual sosial teks secara alamiah meneguhkan nilai-nilai budaya popular dan
konsumerisme. Kedua, pencitraan sosok pria metroseksual dilihat dari penampilan gaya
hidup metroseksual bukanlah produk alamiah, tetapi suatu produk sosial.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.22441/visikom.v13i1.370



Jurnal Visi Komunikasi [p-ISSN 1412-3037 | e-ISSN 2581-2335]
Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215870341
http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/viskom

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Web
Analytics Made Easy - StatCounter
View My Stats

 

Jurnal Visi Komunikasi was indexed by :

width=150 width=150 width=50 width=50 width=50