BENTUK BUDAYA POPULER DAN KONSTRUKSI PERILAKU KONSUMEN STUDI TERHADAP REMAJA
Abstract
Abstrak, Produk budaya Korea seperti musik dam drama televisi telah dikenal luas di
masyarakat sejak tahun 1990an. Korea saat ini dipandang sebagai pengekspor produk budaya
populer yang saat ini banyak penggemarnya. Budaya dan gaya hidup Korea (Hallyu atau
Korean Wave) telah menjadi budaya populer yang menyebar ke berbagai negara termasuk
Indonesia. Jika melihat bagaimana budaya Korea menyebar di kehidupan masyarakat dunia
memunculkan pertanyaan tentang kemungkinan Korean Wave membentuk minat dan
perilaku konsumsi baru pada mereka yang memiliki minat pada produk-produk korea.
Apakah nilai budaya pada produk Korea yang ditransmisikan melalui iklan media massa
dapat membentuk perilaku konsumsi baru dalam bentuk (re)konstruksi preferensi pembelian
produk? Penelitian ini menggunakan metode Focus Group Discussion yang merupakan teknik
perbincangan terhadap beberapa kelompok informan dalam jumlah kecil. Temuan lapangan
menunjukkan adanya minat dan preferensi yang tidak berjalan beriringan. Responden
umumnya menyukai barang-barang produk Korea, namun hal ini tidak berbanding lurus
dengan preferensi pembelian mereka. Hal disebabkan karena faktor finansial yang tidak
sepenuhnya mendukung.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.22441/visikom.v13i1.379
Jurnal Visi Komunikasi [p-ISSN 1412-3037 | e-ISSN 2581-2335]
Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215870341
http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/viskom
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Visi Komunikasi was indexed by :