ANALISIS PRODUKSI PROGRAM FASHION “ILOOK” DI NET TV

Patricia Robin

Abstract


Abstrak,
Berbagai stasiun televisi berlomba-lomba menghadirkan program yang diharapkan
dapat menarik perhatian penontonnya, terutama di tengah-tengah persaingan industri televisi saat
ini yang semakin ketat. Setiap stasiun televisi berlomba menyuguhkan yang terbaik melalui
berbagai produksi programnya. NET TV sebagai salah satu stasiun televisi swasta lokal baru
menyajikan satu program tayangan kategori soft news dengan format magazine yang berjudul
“iLook”. Program ini menyajikan segala informasi yang berkaitan dengan fashion. Dengan
menggunakan metode penelitian studi kasus yang dikaji secara kualitatif, teknik pengumpulan
data primer observasi dan wawancara mendalam bersama key informan seperti produser, tim
kreatif, asisten produksi, editor dan kepala divisi produksi program bersangkutan, penelitian ini
bertujuan melakukan analisis terhadap proses produksi program tersebut. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa program ini memiliki berbagai strategi mulai dari pemilihan ide secara
selektif, pola rundown, naskah, konsep produksiyang diterapkan dilapangan sampai konsep
editing yang digunakan agar audiens tertarik dengan konten yang disajikan. Disamping itu,
penempatan waktu dan jam siaran yang tepat juga menjadi salah satu strategi supaya
program ini semakin diketahui dan mendapat minat dari masyarakat luas


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.22441/visikom.v13i1.387



Jurnal Visi Komunikasi [p-ISSN 1412-3037 | e-ISSN 2581-2335]
Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215870341
http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/viskom

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Web
Analytics Made Easy - StatCounter
View My Stats

 

Jurnal Visi Komunikasi was indexed by :

width=150 width=150 width=50 width=50 width=50