KESESUAIAN ISI TAYANGAN IKLAN TV DENGAN KELAS SOSIAL TARGET KONSUMEN

Megi Primagara

Abstract


Abstrak. Kemampuan iklan dalam menyampaikan pesan kepada konsumen menjadikanbidang ini memegang peran sangat penting bagi keberhasilan perusahaan. Penelitian inibertujuan untuk mengetahui tingkat kesesuaian gambaran iklan produk di televisi dengankelas sosial target konsumen, dan untuk mengetahui seberapa jauh kemampuan perancangkreatif iklan di Indonesia dalam menerjemahkan target konsumen produk ke dalam bahasagambar iklan televisi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis yang sangatbermanfaat untuk menjawab berbagai pertanyaan mengenai media massa. Secara umum,penelitian analisa isi dapat dibagi ke dalam sejumlah langkah yang berbeda yaitu: 1)menentukan populasi dan sampel penelitian; 2) menentukan kategorisasi; 3) memilih unitanalisis dari isi media; 4) mencocokkan isi media dengan kategorisasi yang dibuat danmenghitung frekuensinya dan; 5) mengemukakan hasilnya sebagai suatu distribusikeseluruhan dari populasi. Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 66.5% dari total iklan TVyang tayang di TV Indonesia selama tahun 2012 sudah menunjukkan kesesuaian antara targetkonsumen dengan gambaran iklan yang ditampilkan, sedangkan 33.5% spot iklan yangtayang di TV Indonesia selama tahun 2012 tidak menunjukkan kesesuaian. Dengan demikiankemampuan pekerja iklan di Indonesia dalam menyesuiaikan gambaran iklan dan targetkonsumen adalah baik.Abstrak. Kemampuan iklan dalam menyampaikan pesan kepada konsumen menjadikanbidang ini memegang peran sangat penting bagi keberhasilan perusahaan. Penelitian inibertujuan untuk mengetahui tingkat kesesuaian gambaran iklan produk di televisi dengankelas sosial target konsumen, dan untuk mengetahui seberapa jauh kemampuan perancangkreatif iklan di Indonesia dalam menerjemahkan target konsumen produk ke dalam bahasagambar iklan televisi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis yang sangatbermanfaat untuk menjawab berbagai pertanyaan mengenai media massa. Secara umum,penelitian analisa isi dapat dibagi ke dalam sejumlah langkah yang berbeda yaitu: 1)menentukan populasi dan sampel penelitian; 2) menentukan kategorisasi; 3) memilih unitanalisis dari isi media; 4) mencocokkan isi media dengan kategorisasi yang dibuat danmenghitung frekuensinya dan; 5) mengemukakan hasilnya sebagai suatu distribusikeseluruhan dari populasi. Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 66.5% dari total iklan TVyang tayang di TV Indonesia selama tahun 2012 sudah menunjukkan kesesuaian antara targetkonsumen dengan gambaran iklan yang ditampilkan, sedangkan 33.5% spot iklan yangtayang di TV Indonesia selama tahun 2012 tidak menunjukkan kesesuaian. Dengan demikiankemampuan pekerja iklan di Indonesia dalam menyesuiaikan gambaran iklan dan targetkonsumen adalah baik.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.22441/visikom.v12i2.402



Jurnal Visi Komunikasi [p-ISSN 1412-3037 | e-ISSN 2581-2335]
Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215870341
http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/viskom

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Web
Analytics Made Easy - StatCounter
View My Stats

 

Jurnal Visi Komunikasi was indexed by :

width=150 width=150 width=50 width=50 width=50