Analisa Kinerja Revenue Assurance pada Layanan 3G Menggunakan Metode Balanced Scorecard

Agus Saeful Amal, Iwan Krisnadi

Abstract


Dari berbagai studi yang dilakukan para penyedia jasa telekomunikasi
menunjukkan bahwa kehilangan pendapatan yang diakibatkan oleh
kebocoran tidak lebih dari 3% dari total revenue yang didapatkan.
Sementara, sebagian pakar industri dan hasil survey terhadap operator
telekomunikasi menunjukkan kemungkinan kehilangan tersebut berkisar
antara 1% sampai 30% dari potensi pendapatan akibat kebocoran
dengan rata-rata kebocoran 3%. Pada tesis ini akan dicari berapa besar
kebocoran revenue yang mungkin terjadi di PT. XYZ. Data diambil dari
rekaman pelanggan (CDR) yang khusus menggunakan layanan 3G, serta
data keluhan pelanggan. Pengukuran kinerja dilakukan dengan
pendekatan metode Balanced Scorecard (BSC). Dari hasil scoring
dengan Balanced Scorecard diperoleh nilai total 94,96%, dimana nilai
tersebut masuk sebagai kategori istimewa/excellent. Hasil yang sama
didapatkan oleh hampir semua perpektif BSC, yaitu keuangan, proses
bisnis internal, dan pembelajaran dan pertumbuhan. Hanya perpektif
pelanggan yang belum mencapai target KPI, walaupun masih masuk
sebagai kategori baik, yaitu 78,89%.


Keywords


Revenue Assurance; 3G; CDR; Balanced Scorecard

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.22441/incomtech.v4i1.1123



Publisher Address:
Magister Teknik Elektro, Universitas Mercu Buana
Jl. Meruya Selatan 1, Jakarta 11650
Phone (021) 31935454/ 31934474
Fax (021) 31934474
Email: [email protected]
Website of Master Program in Electrical Engineering
http://mte.pasca.mercubuana.ac.id

pISSN: 2085-4811
eISSN: 2579-6089
Jurnal URL: http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/Incomtech
Jurnal DOI: 10.22441/incomtech

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional

.

Web
Analytics Made Easy - StatCounter
View My Stats

The Journal is Indexed and Journal List Title by: