Strategi Pemasaran Produk VSAT Kuband Pada Layanan Internet dengan Pendekatan Analisa Five Porters dan Fuzzy SWOT

Nurcahyono Nurcahyono, Waseso Segoro, Minarminata Vera Bakara

Abstract


Penelitian ini mencoba untuk menganalisa posisi produk Kuband VSAT
pada pasar internet di Indonesia dengan menggunakan analisa Five
Porters dan untuk menentukan pilihan strategi pengembangan
pemasaran produk VSAT Kuband dengan menggunakan analisa Fuzzy
SWOT. Obyek penelitian dilakukan pada PT. X di Indonesia dengan
menggunakan data kuesioner dari tujuh responden yang memiliki
kompetensi di bidang VSAT Kuband. Hasil analisa menggunakan Five
Porters menerangkan bahwa peluang produk VSAT Kuband cukup
kompetitif dengan nilai Middle. Untuk hambatan faktor eksternal
terbesar adalah ancaman dari pesaing (83%) dan ancaman produk
substitusi (57%). Hasil analisia Fuzzy SWOT menempatkan koordinat
matriks SWOT dalam posisi Threats Weakness (-0,64, -1,05) untuk
kondisi Pesimis, dalam posisi Strength Opportunity (1,74, 1,73) untuk
kondisi Kemungkinan dan dalam posisi Strength Opportunity (2,97,
3,08) untuk kondisi optimis. Hasil ini menunjukkan bahwa produk
VSAT Kuband berada dalam kuadran Strength Opportunity (SO). Oleh
karena itu strategi pemasaran yang agresif dengan menggunakan
Kekuatan untuk memanfaatkan Peluang yang ada dapat diterapkan.


Keywords


Internet; VSAT; Kuband; Five Porters; Fuzzy SWOT

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.22441/incomtech.v4i2.1130

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher Address:
Magister Teknik Elektro, Universitas Mercu Buana
Jl. Meruya Selatan 1, Jakarta 11650
Phone (021) 31935454/ 31934474
Fax (021) 31934474
Email: mudrik_alaydrus@mercubuana.ac.id
Website of Master Program in Electrical Engineering
http://mte.pasca.mercubuana.ac.id

pISSN: 2085-4811
eISSN: 2579-6089

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.

Web
Analytics Made Easy - StatCounter

View My Stats

The Journal is Indexed and Journal List Title by: