PELAYANAN DAN PERSEPSI HARGA

Arief Bowo Prayoga Kasmo, Arif Budi Santoso

Abstract


Persaingan antar usaha biro perjalanan wisata memberikan dampak pada evaluasi peningkatan kepuasan
konsumen pengguna biro perjalanan wisata sebagai upaya untuk mempertahankan dan mengembangkan
usaha jasa wisata domestik. MY Permata Wisata merupakan usaha perjalanan wisata yang relative baru,
didirikan pada tahun 2013 dan mengkhususkan pada wisata domestik dengan visi untuk lebih mengenalkan
wisata Indonesia pada masyarakat luas. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas
pelayanan dan persepsi harga pada kepuasan konsumen MY Permata Travel. Populasi penelitian ini yaitu
pengguna jasa biro perjalanan MY Permata Travel dengan tujuan wisata domestik meliputi Bali, Dieng, Green
Canyon-Pangadaran, Bromo, Krakatau, Karimun Jawa, Sawarna dan Pulau Pari, dengan jumlah sampel
sebanyak 83 responden. Sampel penelitian dengan metode purposive sampling dan untuk uji hipotesis
dengan menggunakan uji t. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan
antara kualitas pelayanan dan persepsi harga dengan kepuasaan konsumen, namun walaupun demikian
kontribusi kualitas pelayanan dan persepsi harga pada kepuasan konsumen biro perjalanan wisata MY
Permata Wisata hanya 43,7%. Saran dari penelitian ini adalah pengelola usaha MY Permata sebaiknya selain
tetap menjaga kualitas pelayanan jasa dan persepsi harga untuk mempertahankan kepuasan konsumennya
juga memperhatikan faktor lain yang belum diteliti pada penelitian ini seperti pilihan produk jasa yang
ditawarkan, citra perusahaan dan lainnya.


Keywords


Kualitas Pelayanan; Persepsi Harga; Kepuasan Konsumen; Usaha Jasa Wisata;

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.22441/jimb.v2i3.3745

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis



Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215871335

ISSN: 2460-8424
E-ISSN: 2655-7274


http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/jimb

This journal is indexed by:

   

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Web
Analytics Made Easy - StatCounter
View My Stats