Model Perilaku Pembelian Online Melalui Market Place Bukalapak Dilihat Dari Perspektif Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan Dan Komunikasi Pemasaran

Muhamad Al Faruq Abdullah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membahas pengaruh keputusan pembelian secara online di marketplace. Objek penelitian adalah penjual yang mempunyai reputasi baik dan transaksi siginifikan dalam berjualan di e-commerce Bukalapak. Variabel independen yang didapatkan dari hasil survei pendahuluan kepada pembeli adalah persepsi harga, kualitas pelayanan, dan komunikasi pemasaran. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data SEM dan pengolahan data menggunakan PLS.Populasinya adalah pelanggan e-commerce bukalapak yang berbelanja di toko Farqi Cellular, dengan sampel sekitar 162 responden. Hasil pengujian data dengan menggunakan software SmartPLS 3.0 didapatkan didapatkan persepsi harga mempunyai hubungan positif dan berpengaruh tidak signifikan,kualitas pelayanan dan komunikasi pemasaran mempunyai hubungan positif dan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian online. Dengan nilai R-square (R2) = 0.757 menunjukan bahwa kemampuan variabel independen (persepsi harga, kualitas pelayanan, komunikasi pemasaran) dalam menerangkan varians variabel dependen (keputusan pembelian online) sebesar 75,7%. Sedangkan 24.3% sisanya dijelaskan oleh faktor lain di luar model.

Keywords


e-commerce, persepsi harga, kualitas pelayanan, komunikasi pemasaran, keputusan pembelian online.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.22441/jimb.v5i2.6835

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215871335

ISSN: 2460-8424
E-ISSN: 2655-7274


http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/jimb

This journal is indexed by:

    

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats