PENGARUH SETING RUANG DAN AKTIVITAS MANUSIA TERHADAP PERILAKU PENGUNJUNG DI RUANG PUBLIK

I Komang Indra Wira Pranata, A.A. Gede Rai Remawa

Abstract


Keberadaan ruang-ruang publik menjadi tempat bertemunya aktifitas antar manusia, manusia pada dasarnya memilki perilaku yang berbeda-beda didalam melakukan aktifitas yang kerap dipengaruhi oleh seting ruang dan kondisi ruang yang tersedia. Interaksi antar manusia dalam menggunakan ruang publik khusunya area sirkulasi, memberikan respon yang berbeda sehingga dipandang penting melakukan penelitian mengenai aspek apa saja yang mempengaruhi perilaku manusia dalam aktifitasnya mengakses area sirkulasi. Penelitian ini bertujuan untuk memahami perilaku manusia terhadap ruang dan area sirkulasi sehingga dapat memberikan solusi terhadap permasalahan di lapangan mengenai sirkulasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah content analysis dengan pendekatan teori Windley & Scheidt. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi secara online mengenai artikel yang membahas tentang perilaku manusia pada ruang publik, khususnya yang berkaitan dengan sirkulasi. Hasil yang diperoleh bahwa keterkaitan sirkulasi di ruang publik dengan suasana ruang yang tercipta dari settting ruang dan peran perilaku manusia mempengaruhi perilaku manusia lain terhadap lingkungan sekitar. Hal ini terjadi akibat adanya interaksi manusia dengan manusia dan interaksi manusia dengan ruang.


Keywords


ruang publik; sirkulasi; perilaku; interaksi

References


Bakhtiar. (2017). Pengamatan Behavior System Di Kentucky Fried Chicken (Kfc) Kawasan Megamas Manado, Jurnal Fraktal Volume 2 No.2 November 2017.

Caldeira, A. M., & Kastenholz, E. (2018). Tourists Spatial Behaviour in Urban Destinations: The Effect of Prior Destination Experience. Journal of Vacation Marketing, 20(10),

Harris, Cyril M. (1975). Dictionary of Architecture and Construction. McGrawHill, Inc, United Stated of America. Weisman, G. D. (1981). Man Environment Model. Journal of Man-Environment Relations, 1(2).

Kurniadi, F., Pramitasari, D., & Wijono, D. (2013). Konsep Perilaku Teritorialitas di Kawasan Pasar Sudirman Pontianak.

Nuqul, F. L. (2005). Pengaruh lingkungan terhadap perilaku manusia: studi terhadap perilaku penonton bioskop. Psikoislamika, 2(2), 20-34.

Peters, K. (2010). Being together in urban parks: Connecting public space, leisure, and diversity. Leisure Sciences, 32(5), 418-433.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/vitruvian.2022.v11i3.006

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Vitruvian : Jurnal Arsitektur, Bangunan dan Lingkungan

License URL: http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/virtuvian/article/view/14792

Layout Jurnal Vitruvian: Download

Declaration & CTA Form Vitruvian: Download

(WAJIB DI UPLOAD SEBAGAI SUPLEMENTARY SAAT SUBMIT ARTIKEL)

Vitruvian
Program Studi Arsitektur
Fakultas Teknik Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax : +62215871335
Surel : [email protected]
p-ISSN : 2088-8201
e-ISSN : 2598-2982
Website : http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/virtuvian
DOI : 10.22441/vitruvian

Vitruvian is indexed by the following abstracting and indexing services:

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

Web
Analytics Made Easy - StatCounter
View My Stats