Identifikasi Perceived Quality Pelayanan Perizinan Dinas Penerbangan dan Maritim Berdasarkan Pendekatan Kepuasan Masyarakat di Lingkungan Direktorat Jenderal SDPPI

Sugianto Antoni Sitorus

Abstract


Dalam konsep New Public Management (NPM), birokrasi pemerintah sebagai pemberi pelayanan kepada masyarakat dituntut untuk lebih mengedepankan aspek hasil (results) dibandingkan dengan sekedar kontrol terhadap pembelanjaan anggaran dan kepatuhan terhadap prosedur. Bagi lembaga pelayanan publik, reformasi pada bidang aparatur negara ini berimplikasi secara mendasar pada pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya. Pelayanan publik merupakan hal penting dalam pelaksanaan dan penyelenggaraan program pemerintah. Pelayanan publik menjadi bagian dari birokrasi yang harus direformasi sebagaimana ditegaskan dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2007 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional 2005-2025 (RPJPN 2005-2025). Salah satu fungsi pemerintah dalam pelayanan publik adalah perizinan. Perizinan merupakan pemberian legalitas kepada seseorang atau pelaku usaha atau kegiatan tertentu baik dalam bentuk izin maupun tanda daftar usaha. Perizinan frekuensi radio merupakan pelayanan publik yang dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Ditjen SDPPI). Pelayanan publik yang prima menjadi faktor kunci keberhasilan pemerintah dalam terwujudnya pelayanan terbaik kepada masyarakat. Kualitas pelayanan tersebut mencakup waktu pelayanan yang cepat, akurat dan memberikan kepastian hukum. Pada tulisan ini akan dicoba dibahas lebih lanjut mengenai teknik pengukuran persepsi kualitas pelayanan (Perceived Service Quality) metode Structural Equation Modelling (SEM) atau model persamaan struktural, yaitu suatu analisis yang dapat digambarkan sebagai kombinasi antara regresi berganda dan analisis faktor untuk menduga hubungan yang tidak bebas tetapi saling berhubungan secara bersama-sama.

Keywords


Perceived Quality; Kepuasan Masyarakat; SEM; Amos

Full Text:

PDF

References


. Bollen, K. A. (1989). Structural equations with latent variables. New York: John Wiley & Sons, Inc.

. Cooper, D.R., & Schindler, P.S. 2006. Business Research Methods (9th ed.). New York: McGraw-Hill/Irwin.

. Cronin, J. J., & Taylor, S. A. (1992). Measuring service quality: A reexamination and extension. Journal of Marketing, 56 (July), 55-66. http://dx.doi.org/10.2307/1252296

. Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS (4th ed.). Semarang: Badan Penerbit-Undip.

. Hair, Joseph F.,Jr, Rolph E. Anderson, Ronal L. Tatham, dan William . Black. (1998). Multivariate Data Analysis, Englewood Clift, NJ.: Prentice Hall

. Hair, et. al. 2006. Multivariate Data Analysis (6th ed.). Upper Saddle River, New Jersey: Prantice Hall, Inc. 2006.

. Singarimbun, M., & Effendi, S. 1989. Metode Penelitian Survai. Jakarta:LP3ES.

. Jöreskog, K.G. (1971), “Statistical analysis of sets of cogeneric tests,” Psychometrika, 36, 109-136.

. Jonathan, Sarwono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta :Graha Ilmu

. Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 25/KEP/M.PAN/2/2004 Tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemerintah terdapat 14 unsur yang relevan, valid dan reliabel sebagai unsur minimal yang harus ada untuk mengukur kepuasan masyarakat atau kinerja instansi pemerintah pemberi layanan.

. Parasuraman, A., Zeithaml, V.A., & Berry, L.L. 1985. A Conceptual Model of Service Quality And Its Implications for Future Research. The Journal of Marketing, 49.

. Schumacker, Randall E., and Lomax, Richard G. 2016. A Beginner’s Guide to Structural Equation Modeling. New York: Routledge – Fourth edition.

. Saif Ullah Malik. Customer Satisfaction, Perceived Service Quality and Mediating Role of Perceived Value. Institute of Business Management, Karachi, Pakistan. International Journal of Marketing Studies Vol. 4, No. 1; February 2012.

. Santoso, Singgih. 2007. Structural Equation Modelling: Konsep dan Aplikasi dengan AMOS Membuat dan Menganalisis Model SEM Menggunakan Program AMOS. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

. Segoro, Waseso. (2012). Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan. Mitra Wacana Media.

. Setyo Hari Wijanto, 2008. Structural Equation Modelling (SEM) dengan LISREL 8.8 Konsep & Tutorial. Graha Ilmu, Yogyakarta, PT.

. Surveyor Indonesia, 2015. Ringkasan Eksekutif penilaian KPI TA.2015

. Solimun, 2008, Memahami Metode Kuantitatif Mutakhir: Structural Equation Modeling & Partial Least Square, Program Studi Statistika FMIPA Universitas Brawijaya.

. Tenko Raykov, George A. Marcoulides . 2006. A First Course in Structural Equation Modeling 2nd Edition. Psychology Press; 2 edition (March 23, 2006)

. Van Iwaarden, J., van der Wiele, T., Ball, L., and Millen, R. (2003), "Applying SERVQUAL to web sites: An exploratory study", International Journal of Quality & Reliability Management, Vol.20, No.8, pp. 919-935.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/incomtech.v7i2.1167



Publisher Address:
Magister Teknik Elektro, Universitas Mercu Buana
Jl. Meruya Selatan 1, Jakarta 11650
Phone (021) 31935454/ 31934474
Fax (021) 31934474
Email: [email protected]
Website of Master Program in Electrical Engineering
http://mte.pasca.mercubuana.ac.id

pISSN: 2085-4811
eISSN: 2579-6089
Jurnal URL: http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/Incomtech
Jurnal DOI: 10.22441/incomtech

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional

.

Web
Analytics Made Easy - StatCounter
View My Stats

The Journal is Indexed and Journal List Title by: