PENGARUH KREATIVITAS DAN KEDISIPLINAN TERHADAP KINERJA GURU

Lamya Hayatina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengetahui data-data empirik mengenai pengaruh kreativitas dan kedisiplinan terhadap kinerja guru secara terpisah maupun simultan. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode survei dengan pendekatan korelasional terhadap data-data kuantitatif yang diperoleh dari objek penelitian yaitu guru SMK Manba’ul ‘Ulum Cirebon. Sampel penelitian ini adalah sebanyak 109 responden guru SMK Manba’ul Ulum Cirebon. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan angket/kuesioner. Jenis analisis yang digunakan adalah analisa korelasi dan regresi yang dijabarkan secara deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah: Pertama, Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kreativitas terhadap kinerja guru SMK Manba’ul Ulum, Cirebon yang tunjukkan dengan besarnya nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,708, dan koefisien determinasi (R2) 50,1 %. Bentuk hubungan ditunjukkan dengan persamaan regresi Ŷ = 18.981 + 0,791X1, yang berarti bahwa setiap peningkatan satu unit skor kreativitas akan mempengaruhi peningkatan skor kinerja guru sebesar 0,791. Kedua, Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kedisiplinan terhadap kinerja guru di SMK Manba’ul Ulum, Cirebon yang tunjukkan dengan besarnya nilai koefisien korelasi antara kedua variabel ini (r)  sebesar 0,855. dan koefisien determinasi (R2) 73,2%. Bentuk hubungan ditunjukkan dengan persamaan regresi Ŷ = 10.457 + 0,893X2, yang berarti bahwa setiap peningkatan satu unit skor kedisiplinan akan mempengaruhi peningkatan skor kinerja guru sebesar 0,893. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kreativitas dan kedisiplinan secara bersama-sama terhadap kinerja guru di SMK Manba’ul Ulum, Cirebon yang tunjukkan oleh nilai probabilitas (sig.F change) = 0,00 lebih kecil dari 0,05 (0,00 < 0,05). Nilai koefisien korelasi antara kedua variabel ini (r)  sebesar 0,875. dan koefisien determinasi (R2) 76,6 %. Bentuk hubungan ditunjukkan dengan persamaan persamaan regresi Ŷ = 3.633 + 0,278X1+0,720X2, yang berarti bahwa setiap peningkatan satu unit skor kreativitas (X1) dan kedisiplinan (X2) secara bersama-sama akan mempengaruhi peningkatan skor kinerja guru (Y) sebesar 0,998.

Keywords


Kreativitas, Kedisiplinan, Kinerja, Guru

Full Text:

PDF

References


Armsden, G. &. (1987). The inventory of parent and peer attachment: Individual diferences and their relationsip to psychological well-being in adolescence. Journal of Youth and Adolescence.

Amawidyati, S. &. (2007). Religiusitas dan Psychological Well-Being Pada Korban Gempa. JURNAL PSIKOLOGI.

Astuti, T. P. (2013). Al-Khalili, Amal Abdussalam. Mengembangkan Kreativitas Anak, Jakarta: Pustaka Al-Kaustar, 2005

As’ad, M. Psikologi Kerja, PT. Rineka Cipta, Jakarta, 2001

-------. Psikologi Industri, Yogyakarta: Liberty, 1995

Ar Adi Candra dan Pius Abdillah, Kamus 6.000.000, Inggris-Indonesia, Surabaya: Arkola, 2000

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta, Rineka Cipta, 1998, Ed. Revisi V

-------. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta, Bumi Aksara, 2008

Anggoro, M. Toha, dkk. Metode Penelitian, Jakarta, Pusat Penerbitan Universitas Terbuka, 2004

Aritonang, Keke T. Kompensasi Kerja, Disiplin Kerja Guru Dan Kinerja Guru Smp Kristen Bpk Penabur Jakarta, Jurnal Pendidikan Penabur – no.04 / th. IV / juli 2005

Amstrong, Michael. Performance Management, Tugu Publisher. Nyutran. 2004 (terjemahan)

Bastian, Indra. Akuntansi Sektor Publik, Edisi Pertama, Badan Penerbit Fakultas Ekonomi UGM, Yogyakarta. 2001

B. Uno, Hamza., Teori Kinerja dan Pengukurannya, Jakarta, Bumi Aksara 2012

Daniel, Mc, Theory: Strain Under Load, 2000 (http://www.accelteam.com/motivation/index.html)

Degeng, I Nyoman Sudana. Ilmu Pengajaran taksonomi Pengajaran, Jakarta: Depdikbud, P2LPTK, 1989

Dharma, A. Manajemen Prestasi Kerja, Jakarta; Rajawali Press, 1991

Davis, Keith dan Newwstrom. Prilaku Dalam Organisasi, Jakarta: Erlangga, 2000, Edisi Ketujuh.

Djaali dan Farouk Muhammad. Metodologi Penelitian Sosial Jakarta: Restu Agung, 2005

Faisal, Sanapiah. Metodologi Penelitian Pendidikan, Surabaya: Usaha Nasional, 1982

Fatah, N. Ekonomi dan pembiayaan pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 1998

Galton, Maurice dan Simon, Brian. Progress and Performance in the Primary Classroom, London: Routledge dan Kegan Paul, 1994

Gibson, John Ivanchevich, Robert, Michael T. Perilaku dan Manajemen Organisasi, Penerbit Erlangga, Jakarta, 2005

Gomes, Faustino Cardaso. Manajemen Sumber Daya Manusia, Yogyakarta: Andi Offset, 1997

Gorda, I Gusti Ngurah. Manajemen Sumber Daya Manusia, Denpasar: Astabrata Bali Denpasar STIE Satya Dharma Singaraja, 2006

Hasibuan, Malayu, S.P. Manajemen Dasar, Pengertian Dan Masalah, Jakarta: P.T Bumi Aksara, 2010

Hadi, Sutrisno. Metodologi Research, Yogyakarta: Andi Offset, 1994, Jilid 1, cet. Ke-27

Handoko, T. Hani. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, Yogyakarta: BPFE, 2001

Hadjar, Ibnu. Dasar-dasar Metodologi Penelitian Kwantitatif dalam Pendidikan Jakarta : Rajawali Pers, 1996, cet. I

Joyce, Bruce, Marsha Weil & Beverly Shower. Models Of teaching fourth Edition, Bostom Needham Heights: Allyn and Bacon A Division of Simon, Inc, 1992

King, Patricia. Performance Planning and Appraisal: A How-To Book for Manager, New York, St. Louis San Francisco: McGraw-Hill Book Company, 1993

Mangkunegara, A.A Anwar Prabu. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Bandung: P.T. Remaja Rosdakarya, 2004

-------. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia, Remaja Rosdakarya, Bandung, 2005.

Mulyana. Perilaku Organisasi, Binarupa Aksara, Jakarta, 2001

Munandar, Utami. Mengembangkan dan Kreativitas Anak Sekolah, Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia, 1999, Cet. 3

Nitisemito, Alex. Manajemen Personalia, Jakarta: Ghalia, 1982

Nursalam. Konsep Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu (Edisi Pertama), Jakarta: Salemba Medica, 2003

Nasir, Mohamad. Metode Penellitian, Bogor : Galia Indonesia, 2005

Prawirosentono. Kebijakan Kinerja Karyawan, Yogyakarta: BPFE, 2002

Purwanto. Kreativitas Berpikir Siswa dan Perilaku dalam Tes, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Tahun ke-11 No. 55, Surakarta: STAIN, 2005

Rahmawati, Yeni dan Euis Kurniati. Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak, Jakarta: Kencana,2010, Cet. 1

Rahmawati, Shinta. Mencetak Anak Cerdas dan Kreatif, Jakarta: Kompas, 2001

Reigeluth, Charles. Instructional-Design Theories and Overview of their Current Statues, London: Lawrence Erlbaum Associates, Publishers Hillsdale, New Jersey, 1983

Ranupardoyo, Hedjrahman, Prinsip Pendisiplinan, Yogyakarta :FE UGM, 1993

Riduwan, Dasar-Dasar Statistik. Bandung: Alfabeta, 2003

-------. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Jakarta: Alfabetha, 2002

Ronny Kountor. Metode Penelitian Untuk Penulisan Skripsi dan Tesis, Jakarta: PPM, 2000

Saman, A. Profesionalisme Keguruan. Yogyakarta. Kanasius, 1994

Sutisna, Oteng. Administrasi Pendidikan, Bandung: Angkasa, 1983

Simamora, Henry. Manajemen Sumber Daya Manusia, Yogyakarta: STIE YKPN, 1995,

Soeprihanto, J. Penilaian Pelaksanaan Kerja dan Pengembangan Karyawan, Edisi ke 1 Cetakan Ke 5, BPFE, Jogjakarta 2001

Simanjuntak, J. Payaman. Manajemen Evaluasi Kerja. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, 2005

Sedarmayanti. Sumber daya manusia dan produktifitas kerja, Bandung Mandar Maju 2001

Satiadarma, Monty P. dan Fidelis E. Wawuru. Mendidik Kecerdasan, Jakarta: Pustaka Populer Obor, 2003

Shaleh, Abdul Rahman dan Muhbib Abdul Wahab. Psikologi Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam, Jakarta: Kencana, 2004, Cet.2

Sebastian, Yoris. Oh My Goodnes! Buku Pintar Seorang Creative Junkies, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2010, Cet. 1

Sutrisno, Edy, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Kencana Prenanda Mendia Goup, 2013, edisi pertama

Sinungan, M. Produktivitas Apa Dan Bagaimana, Jakarta Bumi Aksara, 1995

Sardiman, AM. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2004

Sinungan, M. Produktivitas Apa dan Bagaimana, Jakarta : Bumi Aksara, 1995

Soejono. Sistem dan Prosedur Kerja, Jakarta : Bumi Aksara

Sugiyono. Statistik Untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta, 2007

-------. Statistika Penelitian, Bandung: Alfabeta, 1999

Sukardi. Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2003

Santoso, Singgih. SPSS Pengolahan Data Statistik Secara Profesional, Jakarta : Elek Media Komputindo, 2001

Sudijono, Anas. Pengantar Statistik Pendidikan.Jakarta: PT Raja Grafindo Persada,1995,

Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1988

Terry, GR. Pengembangan Sumberdaya Manusia, Yogyakarta: Liberty, 1993

Unaradjan, Dolen. Manajemen Disiplin, Jakarta : PT. Grasindo, 2003

Veithzal, Rivai. Manajemen Sumberdaya Manusia Untuk Perusahaan Dari Teori Ke Praktek, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2004

Whitmore, John. Coaching For Performance; Seni Mengarahkan untuk Mendongkrak Kinerja, terjemahan Dwi Helly Purnomo dan Louis Novianto, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1997

Wursanto. Dasar-Dasar Ilmu Organisasi, Yogyakarta: Andi, 2002

Wahidmurni. Cara Mudah Menulis Proposal dan Laporan Penelitian Lapangan; Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif Skripsi, Tesis dan Disertasi, Malang: IKIP Malang, 2008

Warsono. Etika Komunikasi Kantor, Yogyakarta: Kanisius, 1997

Winarsunu. Tulus, Statistik: Dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan, Malang: Universitas Muhammadiyah, 2002Dukungan Sosial pada mahasiswa yang sedang menyusun skripsi. Fakultas Psikologi Undip.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/biopsikososial.v3i2.9003

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Biopsikososial : Jurnal Ilmiah Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Mercubuana Jakarta

 

Print ISSN: 2599-0470

Online ISSN: 2598-4918

 

 

JBUMB and its articles is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Tim Editorial Office

JBUMB 

Universitas Mercu Buana

Jalan Meruya Selatan No. 1, Kembangan, Jakarta Barat