PENDAPAT KONSUMEN AKTIF PADA KONTEN PROMOSI ERIGO DI AKUN TIKTOK ERIGO OFFICIAL OLEH JKT 48 TAHUN 2023

ali akbar

Abstract


Industri Pakaian saat ini di Indonesia mengalami pertumbuhan sebesar 7,02 % menurut Badan pusat Statistik (BPS) yang dimana brand-brand lokal mulai eksis dan akan terus mengalami kenaikan sampai ditahun 2027. Salah satu Brand lokal yang saat ini sangat familiar dengan masyarakat adalah Erigo. Tiktok menjadi salah satu media yang digunakan oleh Erigo untuk mempromosikan produknya. Konten video promosi Erigo di Tiktok yang di bintangi oleh JKT 48 dengan tema series emoji telah menarik perhatian para pengguna Tiktok. Konten video promosi ini memiliki pendapat pendapat yang berbeda-beda  di setiap konsumen. Faktor latar belakang dan kemampuan konsumen aktif dalam memaknai isi pesan menjadi faktor utama terjadinya perbedaan pendapat pendapat tersebut.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pendapat konsumen aktif terhadap konten promosi official Erigo di platform Tiktok oleh personil JKT 48 dalam series emoji.

Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dan  pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode analisis resepsi yang oleh Stuart Hall. Teori yang digunakan dalam peneitian ini adalah teori Encoding-Decoding dengan memposisikan khalayak berdasarkan 3 jenis posisi yaitu posisi hegemoni, negosiasi dan oposisi. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dan teknik pemeriksaan keabsahan data melalui metode Triangulasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa keenam informan berada pada posisi yang berbeda-beda. Keenam informan memiliki pendapat pendapat yang berbeda-beda di setiap aspek dalam video promosi Erigo oleh JKT 48 series emoji di Tiktok. Kesimpulan setiap informan memiliki latar belakang yang berbeda-beda sehingga menghasilkan pendapat yang berbeda.

 


Refbacks

  • There are currently no refbacks.