PENGARUH BRAND AMBASSADOR ANGGA YUNANDA PADA CAMPAIGN #AMBIL HATINYA DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP BRAND IMAGE KOPI KENANGAN “HANYA UNTUKMU” (Survey Pada Followers Akun Instagram @Kenangan.Hanyauntukmu)
Abstract
This study aims to find out the significant influence of brand ambassador Angga Yunanda on campaign #ambilhatinya in Instagram social media on the brand image of Kopi Kenangan “hanya untukmu” through the followers of the Instagram account @kenangan.hanyahanya untukmu in the 2025 period. Brand Ambassador Angga Yunanda is considered to be able to influence the brand image of kopi kenangan “hanya untukmu”. Variable X in this study is Brand Ambassador with the theoretical dimensions of VisCAP (Visibility, Credibility, Attraction, and Power). The Y variable in this study is Brand Image with dimensions (Favorability, Strength, and Uniqueness).In this study, the paradigm used is positivism with the method used being descriptive, quantitative, and questionnaire surveys. The population taken is 45,300 followers of the @kenangan.onlyuntukmu intagram as of January 12, 2025 and the sample taken is 100 respondents obtained from the slovin formula and the questionnaire is distributed to get responses to the influence of brand ambassador Angga Yunanda on campaign #ambilhatinya in Instagram social media on the brand image of Kopi Kenangan "hanya untukmu"Based on the results of the research proves that there is a significant positive influence of 53,2% from brand ambassador Angga Yunanda on campaign #ambil hatinya in Instagram social media on the brand image of Kopi Kenangan “hanya untukmu”.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andini, E. (2024). Social Media Campaign: Definisi, Jenis, serta Contohnya. https://sleekflow.io/id-id/blog/definisi-jenis-contoh-dari-social-media-campaign
Ashilah, K. (2022). Instagram Sebagai Media Pemasaran Digital Wasabi Sushi Japanesse Food Jember. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam (JEBI), 1(2), 149–160. https://doi.org/10.56013/jebi.v1i2.1081
Clarin Tasim. (2024). Social Media Advertising, Salah Satu Strategi Efektif Dalam Bisnis. Digital Ads, Digital Marketing Updates. https://toffeedev.com/blog/social-media-advertising-adalah/
DBL, I. (2023). Mengenal Kopi Good Day, Produk Kopi Anak Muda yang Banyak Rasa. https://www.dbl.id/r/16066/mengenal-kopi-good-day-produk-kopi-anak-muda-yang-banyak-rasa
Dessy Wulandari. (2020). Cerita Pemilik Kopi Kenangan Edward Tirtanata Melawan Dominasi Kopi Internasional. Ilovelife.Co.Id. https://ilovelife.co.id/blog/cerita-pemilik-kopi-kenangan-edward-tirtanata-melawan-dominasi-kopi-internasional/
Dzikriyana RevoUpedia. (2025). Instagram ads: Cara beriklan, tips, dan biaya. https://www.revou.co/panduan-teknis/instagram-ads
Ellyada / Y. Bambang Wiratmojo. (2013). Pengaruh Daya Tarik Brand Ambassador dan Daya Tarik Jingle Iklan Versi Iklan Televisi terhadap Keputusan Pembelian Magnum Classic. News.Ge, 6, https://news.ge/anakliis-porti-aris-qveynis-momava. https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&ved=2ahUKEwjxtKnbt5z6AhWsTmwGHWe5DwUQFnoECA0QAQ&url=http%3A%2F%2Fe-journal.uajy.ac.id%2F4660%2F1%2FJURNAL.pdf&usg=AOvVaw2f7XUSBgNOajhnQXTHsS8l
Gamal Thabroni. (2022). Brand Image (Citra Merek): Pengertian, Indikator, Manfaat. https://serupa.id/brand-image-citra-merek-pengertian-indikator-manfaat-dsb/
HomeTesterClub. (2024). Kopi Kenangan Hanya Untukmu. https://www.hometesterclub.com/id/id/reviews/kopi-kenangan-hanya-untukmu
Jpn, W. A. (2022). Hadir dengan Bahan Berkualitas, “Kopi Kenangan Hanya Untukmu” Wajib untuk Dicoba! Artikel ini telah tayang di JPNN.com dengan judul ‘Hadir dengan Bahan Berkualitas, “Kopi Kenangan Hanya Untukmu” Wajib untuk Dicoba!’, https://www.jpnn.com/news/hadir-dengan. https://www.jpnn.com/news/hadir-dengan-bahan-berkualitas-kopi-kenangan-hanya-untukmu-wajib-untuk-dicoba?page=4
Kinasih, D. (2017). Validitas dan Reliabilitas : Cara Mudah Analisis Secara Manual, Microsoft Exel dan SPSS. In Karya Ilmiah (pp. 1–5).
Kompas.com. (2022). Mencoba 3 Varian Kopi Kenangan Hanya Untukmu. Kompas.Com. https://www.kompas.com/food/read/2022/01/20/161600875/mencoba-3-varian-kopi-kenangan-hanya-untukmu-bagaimana-rasanya?page=all
kopi kenangan. (2022). Kopi Kenangan, New Retail F&B Unicorn Pertama di Asia Tenggara Meluncurkan Produk Ready To Drink. https://kopikenangan.com/news/kopi-kenangan-new-retail-fampb-unicorn-pertama-di-asia-tenggara-meluncurkan-produk-ready-to-drink
kopi kenangan. (2024). Pencapaian Kenangan Brands Tahun 2021, Menjadi Perusahaan New Retail F&B Unicorn Pertama di Asia Tenggara. https://kopikenangan.com/news/pencapaian-kenangan-brands-tahun-2021-menjadi-perusahaan-new-retail-fampb-unicorn-pertama-di-asia-tenggara
Kosanke, R. M. (2019). Marketing Communication (Komunikasi Pemasaran. 11–31.
Luis, F., & Moncayo, G. (2020). FIKIH MEDIA SOSIAL DI INDONESIA. 9(2020), 189–208.
Noos.co.id. (2021). Follower Adalah: Mengenal Arti dan Pentingnya Follower dalam Media Sosial. https://www.noos.co.id/follower-adalah-30730.html
Rizti, F. (2024). 185,3 Juta Pengguna Internet Tercatat di Indonesia pada 2024. https://data.goodstats.id/statistic/1853-juta-pengguna-internet-tercatat-di-indonesia-pada-2024-JFNoa
Rudi Dian Arifin. (2022). Pengertian Instagram beserta Sejarah, Fungsi, Tujuan, Manfaat, dll. https://dianisa.com/pengertian-instagram/
Setiawati, A. (2024). Biografi Angga Yunanda. https://opinia.id/post/artikel/opini/biografi-angga-yunanda-348207
SMESta. (2022). Apa Itu Marketing Mix? Mengenal Konsep 4P dan 7P. https://smesta.kemenkopukm.go.id/news/apa-itu-marketing-mix-mengenal-konsep-4p-dan-7p#:~:text=Konsep pemasaran ini pada awalnya,People%2C Process%2C Physical Evidence.
Syafnidawaty. (2020a). APA ITU POPULASI DAN SAMPEL DALAM PENELITIAN. Raharja.Ac.Id. https://raharja.ac.id/2020/11/04/apa-itu-populasi-dan-sampel-dalam-penelitian/#:~:text=Menurut Hadari Nawawi (1983)%2C,dalam suatu penelitian yang dilakukan.
Syafnidawaty. (2020b). DATA SEKUNDER. https://raharja.ac.id/2020/11/08/data-sekunder/#:~:text=Data Sekunder menurut Sugiyono (2016,data yang diperlukan data primer.
Unik Berita. (2021). Cara Menghitung Sampel dengan Rumus Slovin. Kumparan.Com. https://kumparan.com/berita-unik/cara-menghitung-sampel-dengan-rumus-slovin-1vxCdpYly5N#:~:text=Cara Menghitung Sampel Penelitian dengan Rumus Slovin&text=Secara matematis%2C rumus slovin ditulis,adalah jumlah sampel yang dicari
Wardhana, A., & Mardiani, A. S. (2018). Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Minat Beli Bandung Kunafe Cake. Komunikasi Dan Bisnis, 5(2), 2577–2583.
Witdya Pangestika. (2024). Pengertian, Kelebihan, Jenis dan Strategi Digital Marketing. https://www.jurnal.id/id/blog/mengenal-digital-marketing-konsep-dan-penerapannya/
Xendit. (2019). 5 Tips Menjalankan Program Giveaway Instagram yang Perlu Anda Tau. https://www.xendit.co/id/blog/5-tips-men
DOI: http://dx.doi.org/10.22441/bmw.v17i02.34924
DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.22441/bmw.v17i02.34924.g10062
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215870341



