INTERPRETASI KHALAYAK TENTANG PROPAGANDA NAZI DALAM FILM “Inglorious Basterds”

Muhammad Adiel Fasshan, Finy F Basarah

Abstract


Mengenang sejarah Jerman akan selalu tertuju pada Perang Dunia II dan sosok pemimpinnya yaitu Adolf Hitler, melalui propaganda NAZI-nya. Beberapa media mengangkat mengenai Hitler dan Propaganda NAZI-nya ke dalam berbagai bentuk, salah satunya adalah media film. Salah satunya adalah film “Inglorious Basterds” yang dirilis pada 16 Oktober 2009.

Tujuan riset ini adalah untuk mengetahui reaksi dan interpretasi khalayak muda terhadap propaganda NAZI dalam film “Inglorious Basterds” secara keseluruhan dan bagaimana efek dan dampaknya ke dalam pembentukan propaganda dunia media.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode yang digunakan adalah analisis resepsi. Metode ini dipilih oleh peneliti karena peneliti ingin menganalisa interpretasi individu-individu dari narasumber yang sudah terpilih. Adapun data yang dipergunakan adalah wawancara mendalam.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa para informan dapat menginterpretasikan pesan propaganda NAZI dalam film ‘Inglorious Basterds’ dengan baik serta dapat dengan mudah menerima dan mendapatkan ilmu tentang pengunaan sebuah propaganda. Selain itu para penonton juga memperoleh banyak informasi yang berguna, terutama bagi para khalayak agar tidak mudah termanipulasi oleh sebuah propaganda dan dapat menghindari penghasutan dari berbagai pihak yang memiliki tujuan yang negatif.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.