INTERPRETASI VIEWER MENGENAI GAYA HIDUP DIGITAL MINIMALIST DALAM KONTEN “ON MARISS MIND: DIGITAL MINIMALSM” PADA KANAL YOUTUBE GREATMIND
Abstract
Di era society 5.0, masyarakat hidup berdampingan dengan banyak varian teknologi informasi baru yang dapat dengan mudahnya dijumpai di sekitar kita. Sehingga hal ini mengharuskan masyarakat dapat mengikuti berbagai perkembangan dan kemajuan segala peradaban pada era ini. Digital minimalism merupakan sebuah gaya hidup yang mampu menjadi solusi dari tidak bijaknya penggunaan media digital oleh manusia. Penyebaran arus informasi mengalami peningkatan pesat seiring munculnya media digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis interpretasi viewer mengenai gaya hidup Digital Minimalist Dalam Konten “ON MARISS MIND: DIGITAL MINIMALSM” Pada Kanal Youtube GREATMIND melalui analisis resepsi dengan menggunakan metode analisis resepsi dari Stuart Hall .
Objek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah scene-scene yang terdapat di dalam konten video Marissa’s Mind: Digital Minimalism. TKT pada penelitian ini merujuk pada level TKT Riset Dasar, yaitu prinsip dasar dari teknologi diteliti dan dilaporkan dengan bidang teknologi dan kategori sosial humaniora.
Pada hasil penelitian ini beberapa informan ada di posisi dominan, negoisasi dan oposisi berkaitan dengan pertanyaan mengenai kampanye yang disampaikan oleh Marisa seorang key opinion leader (KOL) mengenai gaya hidup Pada Kanal Youtube GREATMIND. Pemaknaan oposisi informan yang menolak atau menentang kampanye diet digital seperti pada konten ajakan untuk kembali melakukan aktivitas analog dan meninggalkan gadget tidak bisa diterapkan oleh informan yang sudah lekat dengan gadget sebagai kebutuhan informasi dan lainnya, bahkan sudah menjadi bagian gaya hidup.
Kesimpulan penelitian ini posisi oposisi lebih banyak melalui interpretasi kkalayak atau informan melalui hasil FGD, mengenai Gaya Hidup Digital Minimalist dalam Konten “On Mariss Mind: Digital Minimalsm” Pada Kanal Youtube Greatmind yang mengkampanyekan pesan diet digital, tidak memiliki kesamaan tinggi yang dibandingkan pada posisi dominan dan negoisasi.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215870341