Use and Application of Virtual Reality (VR) in Learning Optimization and Effectiveness to Increase Student Interest in Learning: A Study Using Systematic Literature Review (SLR) Method
Abstract
Adopsi media pembelajaran digital telah merevolusi cara kita belajar dan mengajar. Dalam konteks sistem pendidikan, sering ada kebutuhan untuk media baru. Media inovatif ini diharapkan dapat menyulut motivasi belajar siswa. Selain itu, integrasi mereka ke dalam sistem pendidikan bertujuan untuk meningkatkan prestasi siswa baik secara akademis maupun di luar. Media digital memiliki potensi yang signifikan untuk meningkatkan pengalaman belajar siswa. Penelitian ini berfokus pada kajian pustaka terkait pemanfaatan lingkungan belajar digital dalam pendidikan. Dalam lanskap yang berkembang pesat saat ini, banyak materi pembelajaran telah beralih dari format berbasis cetak ke digital. Meluasnya adopsi media digital dalam pendidikan mencakup teknologi mutakhir seperti virtual reality (VR). VR berfungsi sebagai alat pembelajaran yang kreatif dan mendalam, membawa siswa ke dunia baru yang menantang untuk dijelajahi melalui metode pengajaran tradisional. Penelitian secara konsisten menekankan pentingnya lingkungan belajar berbasis teknologi di abad ke-21. Media ini memfasilitasi keterlibatan siswa, membuat pembelajaran lebih interaktif dan efektif. Pada akhirnya, media pembelajaran mencakup media apa pun yang secara efektif menyampaikan pesan atau informasi antara siswa dan pendidik, menangkap perhatian, minat, pikiran, dan emosi mereka untuk mencapai tujuan pendidikan.
Kata kunci: virtual reality (VR), lingkungan belajar digital, optimasi pembelajaran.
Full Text:
PDFReferences
Ariatama, S., Adha, M. M., Rohman, R., Hartino, A. T., & Eska, P. U. (2021). Penggunaan Teknologi Virtual Reality (Vr) Sebagai Upaya Eskalasi Minat Dan Optimalisasi Dalam Proses Pembelajaran Secara Online Dimasa Pandemik. In Semnas FKIP 2021, SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, Universitas Lampung16 Februari 2021, Bandar Lampung
Charles, C., Yosuky, D., Rachmi, T. S., & Eryc, E. (2023). Analisa Pengaruh Virtual Reality Terhadap Perkembangan Pendidikan Indonesia. Journal Innovation In Education, 1(3), 40-53.
Helmie, J., Nurviyani, V., Ristiani, I., Taufik, M. S., & Mulyana, A. (2022). Pelatihan Implementasi Virtual Reality (VR) Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Digital Untuk Mengembangkan Kompetensi Pedagogik Guru-Guru Sd Di Kec. Cipanas. Jurnal Warta Desa (JWD), 4(1), 34-40.
Hidayatullah, P. P. A. M. S. Pengenalan Teknologi Virtual Reality dan Augmented Reality Untuk Meningkatkan Pembelajaran Digital di.
Jamil, M. (2018). Pemanfaatan Teknologi Virtual Reality (VR) di Perpustakaan. Buletin Perpustakaan, 1(1), 99-113.
Pramesti, A. A., Sitompul, R. P., & Sopiya, N. (2022). Systematic Literature Review: Pemanfaatan Virtual Reality (Vr) Sebagai Alternatif Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 19(2), 105-117.
Sugiarni, R., Inayah, S., Herman, T., Juandi, D., Pahmi, S., Supriyadi, E., ... & Fauzi, A. L. (2022). Sosialisasi Penggunaan Teknologi Virtual Reality dan Augmented Reality dalam Pembelajaran untuk Menyongsong Era Metaverse. Jurnal Abdi Nusa, 2(3), 134-140
Suryani, M., Paulus, E., & Farabi, R. (2016). Semi-Immersive Virtual Reality untuk Meningkatkan Motivasi dan Kemampuan Kognitif Siswa dalam Pembelajaran. In dalam Conference: Seminar Nasional Pendidikan Teknk Informatika Ke-7, Denpasar, Bali.
Tsaaqib, A., Buchori, A., & Endahwuri, D. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Virtual Reality (Vr) Pada Materi Trigonometri Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa SMA. JIPMat, 7(1), 11-19.
Wahyudin, A. Y., Santosa, A., & Febryansyah, R. (2023). Penerapan Teknologi Virtual Reality Metaverse pada Pendidikan Anak Usia Dini. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 4(2), 290-295.
DOI: http://dx.doi.org/10.22441/collabits.v1i2.27264
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Collabits Journal
Print ISSN: 3062-8601 | |
Online ISSN: 3046-6709 |
Sekretariat
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215871335
http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/collabits
e-mail: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.