Optimasi Metode AHP dengan SAW untuk Seleksi Penerimaan Karyawan Baru : Studi Kasus Verint System

Muhammad Saipul Rohman

Abstract


Proses rekrutmen karyawan baru merupakan hal yang penting bagi perusahaan. Dengan memilih kandidat yang tepat sebagai karyawan maka kegiatan operasional perusahaan bisa berjalan dengan lancar sehingga bisa bersaing dengan perusahaan lain. Bagian Human Resource merupakan salah satu bagian yang vital karena melakukan proses rekrutmen karyawan baru. Kemungkinan terjadinya resiko human error, faktor penilaian subjektivitas dan pemeriksaan berkas yang masuk satu persatu  sehingga membutuhkan waktu yang tidak sebentar merupakan permasalahan utama saat proses seleksi penerimaan karyawan baru di Verint System.Metode AHP adalah salah satu metode sistem pendukung keputusan untuk menghitung bobot setiap kriteria dan metode SAW adalah salah satu metode sistem pendukung keputusan untuk merangking setiap alternatif berdasarkan setiap kriteria. Metode Exact Match digunakan untuk mengecek ketepatan kata jika ada yang sama maka kata tersebut tepat dan jika tidak ada yang sama maka kata tersebut Not Match, sedangkan Flag adalah penanda apabila benar diberi flag 1 (true) Exact Match jika tidak benar maka diberi flag / tanda 0 (not match). Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode AHP dan optimasi metode AHP dengan SAW serta metode menghitung persentase akurasi dari metode tersebut menggunakan exact match. Berdasarkan hasil pengujian yang sudah di olah dan telah di analisis, hasil penelitian optimasi metode AHP dengan SAW menghasilkan persentase akurasi sebesar 90% lebih baik dari persentase akurasi metode AHP sebesar 10% yang membuktikan bahwa optimasi metode AHP dengan SAW membuat sistem menjadi lebih baik daripada dengan menggunakan metode AHP

Keywords


SAW; AHP; Sistem Pendukung Keputusan; rekrutmen karyawan; Exact Match

Full Text:

PDF

References


Afshari, A., Mojahed, M. & Yusuff, R., 2010, Simple Additive Weighting Approach To Personnel Selection Problem. International Journal of Innovation, Management and Technology, 1(5), pp.511–515.

Ahmad, F., M. Aziz, M dan Hadi Suyono, 2014, Komparasi Fuzzy AHP dengan AHP pada Sistem Pendukung Keputusan Investasi Property. Jurnal EECCIS Vol. 8, No.2.

Heriyanto. 2011, Penggunaan Metode Exact Match Untuk Menentukan Kemiripan Naskah Dokumen Teks, Universitas Pembangunan Nasional Veteran, Jurnal Telematika Vol. 8 No.1, pp.43-52.

Kusumadewi, S. 2006, Fuzzy Multi Atribut Decision Making, Penerbit Graha Ilmu.

Lorincova, S. 2015, The Improvement of the Effectiveness in the Recruitment Process in the Slovak Public Administration, Business Economics and Management 2015 Conference, 34(2015): 382-389.

Marimin dan Maghfiroh, N. 2013, Aplikasi Teknik Pengambilan Keputusan dalam Manajemen Rantai Pasok, cetakan Ketiga, PT Penerbit IPB Press, Bogor.

Moedjiono. 2012, Pedoman Penelitian, Penyusunan dan Penelitian Tesis. V5, Program Pascasarjana Universitas Budi Luhur.

Saaty, T.L. 1991. Pengambilan Keputusan bagi para Pemimpin, Proses; Hirarki Analitik untuk Pengambilan Keputusan dalam situasi yang Kompleks. Seri Manajemen no.134, PPM, Jakarta.

Usito, N.J., 2013, Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Proses Belajar Mengajar Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (Saw). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), pp.1689–1699. Available at: core.ac.uk/download/pdf/18605548.pdf.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/fifo.2021.v13i1.007

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmiah FIFO

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah FIFO
Portal ISSNPrint ISSN: 2085-4315
Online ISSN: 2502-8332

Sekretariat
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215871335

http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/fifo

e-mail:[email protected]

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Web
Analytics Made Easy - StatCounter
View My Stats

 

width= width=

Image result for jurnal sinta