Studi Network Congestion Dengan TCP Tahoe

Misbahul Fajri

Abstract


Perkembangan penggunaan komputer dan jaringan serta layanannya cepat berkembang dari masa ke masa, ini membuat kepadatan trafik data pada jaringan internet maupun intranet. Kemacetan jaringan internet pertama kali dialami pada akhir tahun 80-an dimana menurun drastis sehingga terjadi kolaps, kemudian pada tahun 1988 Jacobson mengusulkan teorinya yaitu Congestion Avoidance and Control. Congestion adalah pengumpulan paket melebihi kapasitas bandwidth yang tersedia pada link, congestion akan mengakibatkan penurun kinerja jaringan diantaranya; multiple packet losses, utilitas link yang rendah (low throughput), delay antrian yang tinggi, dan kemacetan yang parah (congestion collapse), ini menjadikan riset yang menantang untuk dipelajari dan dikembangkan, termaksud dalam penelitian ini. TCP Congestion Control adalah protokol TCP yang diterapkan pada end device yaitu di server dan client, protokol slow-start dan congestion avoidance serta Fast Retransmit merupakan awal dalam penelitian sebelumnya, topologi jaringan bottlenect yang dimana dimplementasikan mekanisme tersebut pada Transport Layer dengan   trafik layanan FTP. Pada penelitian ini dilakukan studi lanjut dan analisa TCP Tahoe algortima, dimana mengimplementasikan keempat skenario standar sesuai mekanisme TCP. Simulasi penelitian ini menggunakan simulator OPNET  dengan jaringan dumbbell dan paket discarding

Keywords


TCP Congestion Control, Network Traffic Management, Tahoe

Full Text:

PDF

References


Kirov, Georgi. A Simulation Analysis of the TCP Control Algoritms. International Conference on Computer Systems and Technologies – CompSysTech’2005.

Fajri, Misbahul, Harwikarya. Simulasi Kemacetan Jaringan dengan Mekanisme Active Queue Management

Alvarez, Teresa, et all. Understanding Congestion Control Algorithms in TCP Using OPNET. Dpt. Engineering Science and Automatic Control, Industrial Engineering School. Spain.

Bhalla, Salil, et all. Optimization of Computer Network Using QoS. International Journal of Engineering Research and Application (IJERA), ISSN: 2248-9622, Vol.2, Issue 3, May-Jun 2012, pp. 2276-2281.

Zhu, Chengyu, et all. A Comparison of Active Queue Management Algorithms Using OPNET Modeler. School of Information Technology and Engineering University of Ottawa, Canada.

Chang, Xinjie. “Network Simulations With Opnet”. Proceedings of the 1999 Winter Simulation Conference.

Aboelala, Emad,” Network Simulation Experiments Manual”. Morgan Kaufmann Publishers. ISBN: 978-0-12-373974-2, 2008.

Ryu, Seungwan, et all. Advance in Internet Congestion Control. IEEE Communication, Volume 5, No. 1, Third Quarter 2004.

Opnet Technologies. OPNET Modeler documentation.

Y. N. Reddy and P. Srinivas, "A Routing Delay Predication Based on Packet Loss and Explicit Delay Acknowledgement for Congestion Control in MANET," International Journal of Communication Networks and Information Security, vol. 10, p. 447, 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/fifo.2021.v13i2.005

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmiah FIFO

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah FIFO
Portal ISSNPrint ISSN: 2085-4315
Online ISSN: 2502-8332

Sekretariat
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215871335

http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/fifo

e-mail:[email protected]

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Web
Analytics Made Easy - StatCounter
View My Stats

 

width= width=

Image result for jurnal sinta