Analisis Perancangan Manajemen Sistem Sedekah Berbasis Web Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process

Revin Aulia Rizky Eka Putra, Abdi Wahab

Abstract


Komunitas Satuwaktu sangat membantu masyarakat dalam melakukan sedekah. Masyarakat mempergunakan Satuwaktu sebagai wadah untuk bersedekah kepada orang yang sedang membutuhkan bantuan khususnya yang bertempat di Kota Tangerang, Provinsi Banten. Penelitian ini dilakukan atas dasar kebutuhan  adanya suatu sistem pengelolaan data penerima dana sedekah yang dapat digunakan untuk mengelola data sedekah Satuwaktu. Untuk melakukan kegiatan dikomunitas Satuwaktu masih dilakukan secara manual, kemudian kurangnya akses informasi dalam menyebarkan berita sedekah tersebut mengakibatkan sedekah yang  dilakukan hanya terdengar ke beberapa teman dekat dan orang disekitar. Maka dari itu, diperlukan Sistem Manajamen Sedekah Satuwaktu Berbasis Website. Dalam pembangunan sistem ini, pendekatan metode pengembangan perangkat lunak yang digunakan adalah Waterfall, karena itu memiliki proses yang berurutan, sehingga sistem yang dikembangkan akan sesuai dengan harapan yang diinginkan atau tepat sasaran. Selain itu metode AHP juga digunakan pada pengembangan sistem ini dengan tujuan membantu dalam menguraikan suatu masalah ke dalam kelompoknya masing-masing kemudian dibentuk sebuah hirarki sehingga permasalahan tampak lebih terstruktur dan sistematis. Oleh karena itu, dengan pengambangan sistem ini diharapkan dapat memudahkan masyarakat dalam hal bersedekah secara online, serta memudahkan pengelola untuk melakukan pengelolaan sedekah dana, sedekah barang, sedekah untuk bencana dan juga distribusi sedekah, dengan efektif dan efisien.


Keywords


Waterfall; AHP; Analisis; Sistem Manajemen

Full Text:

PDF

References


Puspitasari, W. D., & Ilmi, D. K. (2016). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Dosen Berprestasi Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (Ahp). Antivirus: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika, 10(2)

HIDAYATULLAH, Ahmad Reza; ARIEF, M. Rudyanto. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Manajemen Zakat Berbasis Client Server pada Badan Amil Zakat Masjid Agung Baitul Qadim Loloan Timur. Semnasteknomedia Online, 2016, 4.1: 1-4-103.Saeger, Ariane De. 2015. Ishikawa Diagram. Namur : Lemaitre Publishing.

HANDAYANI, Kartika, et al. SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN ZISWAF (ZAKAT, INFAQ, SHADAQAH DAN WAQAF) BERBASIS WEB. Jurnal Khatulistiwa Informatika, 2020, 8.2.

ROHMAWATI, SITI. ANALISIS MANAJEMEN FUNDRAISING ZAKAT INFAQ SHODAQOH (ZIS) DI LEMBAGA AMIL ZAKAT INFAQ.

FAUZIA, Hadaita Rahmah. Analisis SWOT terhadap strategi pendistribusian dana zakat, infak dan sedekah (ZIS) melalui program pendidikan di Lazismu kabupaten Mojokerto. 2021. PhD Thesis. UIN Sunan Ampel Surabaya.

PERMADI, Margi Lestari Bagus. Analisis efisiensi pengelolaan dana zakat, infak, dan sedekah pada organisasi pengelola zakat di Indonesia: studi kasus pada BAZNAS dan dompet Dhuafa Republika Periode 2011-2015. 2018. Bachelor's Thesis. Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Hendry Hendry. 2015. Cepat mahir MySQL dan SQLite. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.

ANILDA S, Annisa. ANALISIS KEBIJAKAN DISTRIBUSI DAN AKUNTANSI ZAKAT, INFAQ, DAN SEDEKAH (ZIS) PADA BAZNAS KABUPATEN TAKALAR. 2021. PhD Thesis. UNIVERSITAS HASANUDDIN.

DAMAYANTI, SARI DEWI. Analisis Penyaluran Dana Zakat Infaq Dan Sedekah Di Laznas Yatim Mandiri Kudus. 2019. PhD Thesis. IAIN KUDUS.

NURLATIFAH, Siti; WIDYATAMI, Ratna. Analisis Perlakuan Akuntansi Atas Zakat, Infaq, Dan Shadaqah Berdasarkan Psak 101 Dan 109 Pada Lazismu Bekasi. Jurnal Akuntansi dan Bisnis Krisnadwipayana, 2020, 7.2.

WANTORO, Agus. Sistem Informasi Berbasis Web Untuk Pengelolaan Penerima Dana Zakat, Infaq Dan Sedekah. Jurnal Tekno Kompak, 2019, 13.2: 31-34.

Yanuarti, E. (2019). Seleksi Calon Karyawan Pada Perusahaan Menggunakan Metode AHP di STMIK Atma Luhur Pangkalpinang. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer), 8(1), 79-84.

Darmanto, E., Latifah, N., & Susanti, N. (2014). Penerapan metode AHP (Analythic Hierarchy Process) untuk menentukan kualitas gula tumbu. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, 5(1), 75-82.

Sari, D. R., Windarto, A. P., Hartama, D., & Solikhun, S. (2018). Sistem Pendukung Keputusan untuk Rekomendasi Kelulusan Sidang Skripsi Menggunakan Metode AHP-TOPSIS. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, 6(1), 1-6.

Ilhami, R. S., & Rimantho, D. (2017). Penilaian Kinerja Karyawan dengan Metode AHP dan Rating Scale. Jurnal Optimasi Sistem Industri, 16(2), 150-157.

Wanto, A., & Kurniawan, E. (2018). Seleksi Penerimaan Asisten Laboratorium Menggunakan Algoritma AHP Pada AMIK-STIKOM Tunas Bangsa Pematangsiantar. JIKO (Jurnal Informatika dan Komputer), 3(1), 11-18.

Nasibu, I. Z. (2009). Penerapan metode AHP dalam sistem pendukung keputusan penempatan karyawan menggunakan aplikasi Expert Choice. Jurnal Pelangi Ilmu, 2(5).

Frieyadie, F., & Ramadhan, S. M. (2018). Penerapan Metode AHP Untuk Membantu Siswa Memilih Jurusan Yang Tepat Di SMK. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), 2(3), 662-667.

Ahmad, R. (2018). Penggunaan Sistem Pendukung Keputusan Dengan Menggunakan Metode Analytical Hirarchy Process (AHP) Dalam Menyeleksi Kelayakan Penerima Beasiswa. Metik Jurnal, 2(1), 28-33.

Lemantara, J., Setiawan, N. A., & Aji, M. N. (2013). Rancang Bangun Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Menggunakan Metode AHP dan Promethee. Jurnal Nasional Teknik Elektro dan Teknologi Informasi (JNTETI), 2(1), 13-21.

Winiarti, S., & Yuraida, U. (2009). Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Lokasi Pendirian Warnet Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP)(Studi Kasus: PT. Pika Media Komunika). jurnal Informatika, 3(2), 311-322.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/fifo.2023.v15i1.003

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah FIFO

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah FIFO
Portal ISSNPrint ISSN: 2085-4315
Online ISSN: 2502-8332

Sekretariat
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215871335

http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/fifo

e-mail:[email protected]

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Web
Analytics Made Easy - StatCounter
View My Stats

 

width= width=

Image result for jurnal sinta