Dashboard Monitoring Data Penjualan Menggunakan Metode Star Schema
Abstract
Data adalah sebuah kumpulan informasi yang berisi gambaran luas terkait suatu keadaan. Dengan banyaknya jumlah data maka akan semakin sulit untuk dibaca, karena pada kumpulan data yang besar sulit untuk ditemukan informasi penting dan insights yang berguna bagi perusahaan terutama pada sebuah industri di Indonesia. Salah satu industri di Indonesia adalah industri otomotif. Persaingan pada industri otomotif semakin sengit dengan banyaknya perusahaan yang memberikan harga dan kualitas mobil yang kompetitif. Dengan penjualan mobil di Indonesia yang dapat mencapai 14.000 unit per-tahunnya, tentu saja data penjualan yang dihasilkan perlu untuk dikelola melalui business intelligence yang menggunakan dashboard monitoring dengan metode star schema. PT. Honda Mitra Jatiasih adalah perusahaan yang bergerak dibidang otomotif yang menjual berbagai jenis transportasi, khususnya mobil. Dikarenakan jenis dan variasi yang beragam, supervisor mengalami kesulitan dalam mendapatkan informasi yang komprehensif, singkat, dan informatif pada data penjualan PT. Honda Mitra Jatiasih. Dari masalah tersebut peneliti melakukan percobaan pembuatan dashbhoardmonitoring menggunakan metode star schema untuk penjualan pada PT. Honda Mitra Jatiasih. Hasil yang didapatkan dengan dibuatnya business reporting menggunakan dashbhoard monitoring data penjualan menggunakan metode star schema pada PT. Honda Mitra Jatiasih dapat memberikan informasi sebagai insight dan terdapat 2 jenis mobil yang memberikan negative profit yaitu type Jazz dan CRV dengan salesnya yang mencapai angka 2 sampai 1 dalam jangka 2 tahun.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
“DESIGN OF SALES PERFORMANCE DASHBOARD BASED ON SALES FUNNEL & SALES FORCE AUTOMATION THEORIES: A CASE OF AN INDONESIAN ISLAMIC BANK,” International Journal of Islamic Banking and Finance Research, pp. 41–53, Dec. 2021, doi: 10.46281/ijibfr.v8i1.1527.
Angelia Destriana, Kristoko Dwi Hartomo, and Hanna Prillysca Chernovita, “Visualization of Sales Field Activity Data Using Operations Dashboard for ArcGIS,” Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi), vol. 4, no. 4, pp. 697–703, Aug. 2020, doi: 10.29207/resti.v4i4.2096.
M. Iqbal and Nastiti Heni, “ANALISIS PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL HONDA BRIO DI BOGOR,” Jurnal Akuntansi dan Pajak, vol. 23, no. 1, 2022.
B. Aditi and H. Hermansyur, “Pengaruh Atribut Produk, Kualitas Produk Dan Promosi, Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Merek Honda Di Kota Medan,” Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, vol. 19, no. 1, pp. 64–72, Apr. 2018, doi: 10.30596/jimb.v19i1.1743.
R. Akbar, V. Alfarizi, T. B. Amarta, N. N. Ardian, and M. J. Ibrahim, “Implementasi Business Intelligence untuk Mendapatkan Pola Penerbangan Penumpang Pesawat dari atau ke Bandara Internasional Minangkabau,” Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika (JEPIN), vol. 4, no. 1, p. 65, Jun. 2018, doi: 10.26418/jp.v4i1.25580.
A. Zikri, J. Adrian, A. Soniawan, R. Azim, R. Dinur, and R. Akbar, “Implementasi Business Intelligence untuk Menganalisis Data Persalinan Anak di Klinik Ani Padang dengan Menggunakan Aplikasi Tableau Public,” Jurnal Online Informatika, vol. 2, no. 1, p. 20, Jul. 2017, doi: 10.15575/join.v2i1.70.
M. Noval, “Business Intelligence System for Evaluation of Widyaiswara Ministry of Religious Affairs Performance,” Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi), vol. 4, no. 5, pp. 864–873, Oct. 2020, doi: 10.29207/resti.v4i5.2236.
E. H. Saragih, I. P. A. Bayupati, and G. A. A. Putri, “Pengembangan Business Intelligence Dashboard untuk Monitoring Aktivitas Pariwisata (Studi Kasus: Dinas Pariwisata Provinsi Bali),” Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 8, no. 6, p. 1159, Nov. 2021, doi: 10.25126/jtiik.2021863755.
I. Setiawan, “Visualisasi dan Analisis Data Bunuh Diri,” Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 8, no. 3, p. 445, Jun. 2021, doi: 10.25126/jtiik.2021833391.
E. Rosa and H. Mukhibad, “Fundamental Factors of Financial Ratios and Discretionary Accruals in Influencing the Companies’ Fixed-Asset Investment Decisions,” Journal of Accounting and Investment, vol. 23, no. 2, pp. 259–280, May 2022, doi: 10.18196/jai.v23i2.14337.
P. H. Upik and R. Ratnawili, “KEPUASAN KONSUMEN PADA RESTORAN ADEM RESTO KOTA BENGKULU,” (JEMS) Jurnal Entrepreneur dan Manajemen Sains, vol. 3, no. 1, pp. 116–126, Jan. 2022, doi: 10.36085/jems.v3i1.2855.
W. Suharso, A. Fardiansa, Y. Munarko, and H. Wibowo, “IMPLEMENTASI STAR SCHEMA PADA STUDI KASUS PERPUSTAKAAN BERSKALA UNIVERSITAS,” SINTECH (Science and Information Technology) Journal, vol. 4, no. 1, pp. 1–11, Apr. 2021, doi: 10.31598/sintechjournal.v4i1.446.
D. Nurmalasari, M. Sari Zulvi, and P. Hanifah, “Performance Analysis Of Star Schema Data Modeling On Library Data,” Jurnal Komputer Terapan, no. Vol 5 No 2 (2019), pp. 44–53, Nov. 2019, doi: 10.35143/jkt.v5i2.3341.
Dessiaming Zulhaq Takdir, Anraeni Siska, and Pomalingo Suwito, “COLLEGE ACADEMIC DATA ANALYSIS USING DATA VISUALIZATION,” Jurnal Teknik Informatika, vol. 3, no. 5, pp. 1203–1212, 2022.
B. Rahayudi and M. Marji, “Pemetaan Data Dan Visualisasi Kedalaman Air Pada Bendungan / Waduk,” Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 4, no. 2, p. 111, May 2017, doi: 10.25126/jtiik.201742305.
DOI: http://dx.doi.org/10.22441/fifo.2023.v15i2.006
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Ilmiah FIFO
Print ISSN: 2085-4315 | |
Online ISSN: 2502-8332 |
Sekretariat
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215871335
http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/fifo
e-mail:[email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.