Analisis Tingkat Kepuasan Pengunjung Terhadap Website Ancol.Com Menggunakan Metode Webqual 4.0

Syifa Nur Rakhmah, Khoirun Nisa

Abstract


Dengan menggunakan teknik pemasaran digital yang tepat, kita dapat menjangkau audiens yang lebih luas dan meningkatkan visibilitas brand secara online salah satunya pada destinasi wisata, meningkatkan jangkauan pemasaran, dan memudahkan wisatawan mengakses informasi mengenai objek wisata yang ingin dikunjunginya adalah melalui situs web. Ancol.com merupakan situs web resmi Taman Impian Jaya Ancol yang dapat digunakan untuk membeli dan mengiklankan tiket. Saat ini, kepuasan pengunjung menjadi salah satu faktor kunci penentu keberhasilan sebuah situs web. Akan tetapi, keberadaan situs web ini belum tentu menjamin tingkat kepuasan pengunjung secara optimal, karena diketahui bahwa untuk pembelian tiket wisata Ancol masih menggunakan platform pembelian tiket lainnya. Dengan demikian, untuk mengetahui sejauh mana situs web ancol.com telah memenuhi kebutuhan dan harapan pengunjung, maka dilakukan analisis tingkat kepuasan pengunjung terhadap situs web tersebut dengan menggunakan metodologi Webqual 4.0 berdasarkan tiga kriteria: user friendly, kualitas informasi, dan kualitas interaksi layanan. Hasil uji validitas penelitian menunjukkan setiap indikator pada kuesioner memiliki nilai r2 & r3, sehingga disimpulkan bahwa setiap indikator valid. Reliabilitas penelitian ini diukur melalui nilai alpha r sebesar 0,824, menunjukkan tingkat reliabilitas yang baik. Hasil analisis regresi berganda menunjukkan:  H0 ditolak serta H1, H2, dan H3 diterima Dari hasil analisis, tampak bahwa nilai R Square adalah 0,469. Ini menunjukkan bahwa ada pengaruh bersama variabel X1 (Penggunaan) dan X2 (Kualitas interaksi) terhadap variabel Y (Kualitas Informasi) sebesar 46,9%. Hasil pembahasan penelitian memperlihatkan bahwa informasi kualitas, interaksi layanan, dan usability dapat memengaruhi kepuasan pengguna terhadap website Ancol.com.

Keywords


Service Quality; Website; Ancol; Webqual 4.0

Full Text:

PDF

References


M. H. Siregar, “Pemilihan metode pembelian tiket oleh pengunjung taman impian jaya ancol pada laman www.ancol.com,” J. Inf. Syst. Applied, Manag. Account. Res., vol. 6, no. 1, pp. 162–169, 2022.

M. A. Athallah and K. Kraugusteeliana, “Analisis Kualitas Website Telkomsel Menggunakan Metode Webqual 4.0 dan Importance Performance Analysis,” CogITo Smart J., vol. 8, no. 1, pp. 171–182, 2022.

D. Chungiarto, Moh. Sofyan S. Thayf, and Husni Angriani, “Analisis Kepuasan Pengguna Di Kota Makassar Terhadap Kualitas Website MyLPGO Menggunakan Metode Webqual 4.0,” KHARISMA Tech, vol. 16, no. 2, pp. 59–69, 2021.

R. E. Riyanto and O. S. Bachri, “Analisis Pengukuran Kualitas Website Terhadap Kepuasan Pengguna Berdasarkan Webqual 4.0,” J. Ilm. Intech Inf. Technol. J. UMUS, vol. 1, no. 01, pp. 89–97, 2019.

I. Imron, “Analisis Kualitas Website Terhadap Kepuasan Pengguna dengan Metode Webqual 4.0 Studi Kasus: Rumah Wisata Keramik F.Widayanto Depok,” J. Ilm. Inform. Glob., vol. 10, no. 1, pp. 32–37, 2019.

D. Setiawati and K. Nisa, “Analisis Kualitas Website Intranet Mydbs Menggunakan Metode Webqual 4.0 pada PT Bank DBS Indonesia,” Media J. Inform., vol. 15, no. 1, p. 2023, 2022.

C. M. Annur, “Jadi Objek Wisata Andalan DKI Jakarta, Bagaimana Tren Kunjungan Ancol dalam Satu Dekade Terakhir?,” databoks, 2024. [Online]. Available: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/04/24/jadi-objek-wisata-andalan-dki-jakarta-bagaimana-tren-kunjungan-ancol-dalam-satu-dekade-terakhir. [Accessed: 20-Jun-2024].

S. Mardiana, “An Integrated Model of WebQual 4.0 and SERVQUAL: Answer to the Next Research Call,” J. IPTEKKOM J. Ilmu Pengetah. Teknol. Inf., vol. 25, no. 1, pp. 137–150, 2023.

M. Kartika, A. Utomo, and J. J. C. Tambotoh, “Analisis Kepuasan Pengguna Pada Website Registrasi Pendakian Taman Nasional Gunung Merbabu dengan Metode Webqual 4.0,” J. Ris. Komputer), vol. 10, no. 1, pp. 2407–389, 2023.

D. Destiarini, A. Rahman, and K. Sumartayasa, “Analisa Kualitas Website BPJS Kesehatan Dengan Metode WebQual 4.0 Dan User Acceptance Testing Di Wilayah Kabupaten Ogan Komering Ulu.,” J. Media Infotama, vol. 19, no. 2, pp. 237–243, 2023.

C. Mashuri and A. H. Mujianto, “Sistem Pendukung Keputusan Simulasi Optimasi Waktu Produksi Pada Industri,” Perkumpulan Rumah Cemerlang Indones., p. 131, 2021.

E. Loiacono, R. Watson, and D. Goodhue, “WebQualTM: A Measure of Web Site Quality,” Mark. theory Appl., vol. 13, no. 3, pp. 432–438, 2002.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung, 2019.

D. R. Prehanto, BUKU AJAR MODEL SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DENGAN AHP DAN IPMS, 1st ed. Surabaya: Scopindo, 2020.

R. Ajat, Pendekatan Penelitian Kuantitatif: Quantitative Research Approach. Yogyakarta, 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/fifo.2024.v16i2.002

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah FIFO
Portal ISSNPrint ISSN: 2085-4315
Online ISSN: 2502-8332

Sekretariat
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215871335

http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/fifo

e-mail:[email protected]

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Web
Analytics Made Easy - StatCounter
View My Stats

 

width= width=