Rancang Bangun Sistem Deteksi Pelanggaran Lalu Lintas dalam Simulator Mengemudi menggunakan Unity Game Engine

Mohammad Iqbal, Karmilasari Karmilasari, Yuli Karyanti, Yulia Chalri

Abstract


Faktor penyebab kecelakaan lalu lintas secara umum, terdiri dari beberapa hal, yaitu kondisi sarana transportasi, faktor kelalaian manusia, dan alam, serta belum optimalnya penegakan hukum lalu lintas. Namun demikian, hal yang menjadi  penyebab utama tingginya angka kecelakaan lalu lintas adalah kelalaian manusia, sehingga diperlukan kesadaran berlalu lintas yang baik bagi masyarakat terutama untuk pengendara kendaraan bermotor kalangan usia produktif. Fakta bahwa pengemudi kendaraan yang memiliki sedikit pengalaman mengemudi lebih berisiko mengalami kecelakaan dibandingkan pengemudi yang telah berpengalaman. Pengalaman tersebut sangat mempengaruhi keterampilan kontrol, keterampilan pemrosesan, kalibrasi diri, persepsi risiko, dan motivasi atau sikap yang berhubungan dengan keselamatan. Dalam kegiatan ini, Sistem Simulator mengemudi menjadi sistem penting yang dapat digunakan meningkatkan keahlian. Tuntutan membuat situasi yang mirip dengan keadaan sesungguhnya di jalan raya menjadi tantangan bagi para pengembang untuk membuat desain simulator yang baik. Dalam penelitian ini dihasilkan rancang bangun sistem deteksi pelanggaran lalu lintas dalam simulator mengemudi dengan menggunakan alat bantu Unity Game Engine, yang telah diuji secara sistem black box.

Keywords


Simulator mengemudi; platform perangkat lunak; Sistem Deteksi Pelanggaran Lalu lintas; 3D Model

Full Text:

PDF

References


Allen, R. et al., (2003). Novice driver training results and experience. PROCEEDINGS of the Second International Driving Symposium on Human Factors in Driver Assessment, Training and Vehicle Design, pp. 165-170.

Duchowski, A. T. (2002). A breadth-first survey of eye-tracking applications. Behavior Research Methods, Instruments, & Computers, 34(4), 455-470. https://doi.org/10.3758/BF03195475

Mohammad Iqbal, Karmila Sari, Kemal Ade Sekarwati and Dian Kemala Putri, 2020, Developing PC-Based Driving Simulator System for Driver Behavior Analysis Research, Journal of Physics: Conference Series, Volume 1566, 4th International Conference on Computing and Applied Informatics 2019 (ICCAI 2019) 26-27 November 2019, Medan, Indonesia.

Underwood, G., (2007). Visual attention and the transition from novice to advanced driver. Ergonomics, 50(8), pp. 1235-1249.

______, (2020a). Unity manual: colliders. Unity Technologies. [Online] Available at: https://docs.unity3d.com/2019.2/Documentation/Manual/CollidersOverview.html [Diakses 19 Maret 2020].

______, (2020b). Unity manual: prefabs. Unity Technologies [Online] Available at: https://docs.unity3d.com/2019.2/Documentation/Manual/Prefabs.html [Diakses 19 Maret 2020].

______, (2020c). Visual Studio C# integration. Unity Technologies [Online] Available at: https://docs.unity3d.com/Manual/VisualStudioIntegration.html [Diakses 20 Juli 2020].




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/format.2021.v10.i1.004

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 FORMAT: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Format : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika
Fakultas Ilmu Komputer Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215840816
http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/format

p-ISSN: 2089-5615
e-ISSN: 2722-7162

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.

View My Stats