Implementasi Plugin Impor Kamera dan Plugin Play Blast Untuk Autodesk Maya Berbasis Python

Novia Nurrohmah, Wawan Gunawan

Abstract


Sebuah animasi tiga dimensi, merupakan sebuah karya yang dihasilkan melalui proses yang dikerjakan menggunakan komputer. Proses ini melibatkan banyak tim dan menghabiskan banyak waktu. Untuk memaksimalkan waktu, plugin dapat menjadi solusi. Plugin yang dapat mengautomatisasi pekerjaan layout artis, yaitu plugin impor kamera dan plugin play blast. Untuk plugin impor kamera misalnya, di bandingkan dengan mencari secara manual lokasi dimana file kamera disimpan, akan lebih mudah untuk melakukan impor kamera dengan satu kali klik. Begitu pula dengan play blast. Biasanya, file kamera diimpor dari folder mana saja dimana artis harus mencari file secara manual sehingga menghabiskan banyak waktu. Serta file video play blast secara default akan disimpan di (C:\) folder Maya Document, yang nantinya dapat menyebabkan masalah ketika direktori (C:\) penuh karena file play blast. Dengan menggunakan plugin, dapat menghemat waktu artis untuk mencari file kamera, serta dapat mencegah direktori (C:\) kehabisan ruang karena file video play blast.



Keywords


animasi; tiga dimensi; plugin; previsualisasi

Full Text:

PDF

References


S. By, “Creation of 3D Modeling Layout by Maya Scripting,” no. December, 2018.

A. Bernik and D. Galetic, “Remote Rendering Control Using Python Scripts and Dropbox Technology,” Teh. Glas., vol. 12, no. 2, pp. 62–67, 2018, doi: 10.31803/tg-20170919221607.

M. Guindy and R. Elias, “Happy Feet Maya Plugin to Generate Customized Gait Cycles for 3D Characters,” pp. 372–377, 2017.

G. E. G. Collado, “Modeling and Python Scripting in Maya,” 2016.

O. Cetinaslan, V. Orvalho, and J. P. Lewis, “Sketch-Based Controllers for Blendshape Facial Animation,” 2015, doi: 10.2312/egsh.20151006.

S. M. H. Asraf and S. Z. S. Idrus, “Hybrid Animation: Implementation of Three-Dimensional (3D) Animation,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1529, p. 022094, 2020, doi: 10.1088/1742-6596/1529/2/022094.

C. F. Xu and X. C. Zhou, “Three-dimensional Animation Technology in Showing the Application of the Art of Design,” MATEC Web Conf., vol. 44, pp. 1–4, 2016, doi: 10.1051/matecconf/20164402044.

R. Kushwaha, “Procedure of Animation in 3D Autodesk Maya : Tools & Techniques,” no. August, 2016, doi: 10.5121/ijcga.2015.5402.

Y. Gao, “Research on Rendering Speed Based on Maya and Mental Ray,” no. Jimec, pp. 395–398, 2016, doi: 10.2991/jimec-16.2016.70.

A. Evans, J. Agenjo, and J. Blat, “Designing a Multiplatform Pipeline for 3D Scenes.”

H. K. Choi and S. H. Cho, “Development of Effective Pre-Visualization Authoring Tool Using Conversion Technologies-Based on Film Storyboard Application,” Cluster Comput., vol. 17, no. 2, pp. 585–591, 2014, doi: 10.1007/s10586-013-0303-6.

T. Muender, “Analysis of Previsualization Tasks for Animation , Film and Theater,” pp. 1–6, 2019.

Q. Zhang and Z. Huang, “Implementation of Computer Graphics Algorithm Platform Based on Autodesk Maya Guangdong Province Science and Technology Project ( 2014A020212684 ),” no. Icmmcce, pp. 2758–2762, 2015.

A. Wood, “Behind the Scenes : A Study of Autodesk Maya,” pp. 142–143, 2014, doi: 10.1177/1746847714546247.

M. K. Berthelsen, B. N. Overgaard, and A. M. Thomsen, “Framing-Based Camera Tool for Artists in Game Development.”

T. Vinothraj, M. Fareez, and A. . Sayeth Saabith, “Python Current Trend Applications- an Overview,” Int. J. Adv. Eng. Res. Dev., vol. 2, no. 2, pp. 61–67, 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/format.2021.v10.i1.005

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 FORMAT: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Format : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika
Fakultas Ilmu Komputer Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215840816
http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/format

p-ISSN: 2089-5615
e-ISSN: 2722-7162

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.

View My Stats