Implementasi Gap Analysis untuk Evaluasi Kinerja Dosen Berdasarkan Sasaran Mutu

Femi Dwi Astuti, Basuki Heri Winarno

Abstract


Dosen merupakan pendidik yang salah satu tugasnya mentransformasikan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, sehingga kinerja dosen dalam proses belajar harus bagus. Evaluasi dosen di STMIK AKAKOM dilakukan setiap semester sekali untuk melihat nilai kemampuan pedagogik, kompetensi dosen, ketersediaan sarana proses belajar mengajar dan kelengkapan administrasi dalam proses belajar mengajar. Evaluasi dilakukan oleh mahasiswa dan Tim Penjaminan Mutu Program Studi (TPMP). Standar-standar penilaian yang seharusnya dicapai salah satunya tentang kinerja dosen dalam proses belajar mengajar tertuang dalam dokumen sasaran mutu institusi. Hasil evaluasi diharapkan sesuai dengan sasaran mutu di STMIK AKAKOM. Selama ini hasil evaluasi tidak pernah diolah. Penelitian ini mengolah data hasil evaluasi dengan mencocokkan nilai yang ada di sasaran mutu dengan metode gap analysis. Metode ini digunakan karena dapat melihat kesenjangan antara kinerja dosen dengan standar yang sudah ditetapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Gap analysis dapat membantu membuat perangkingan pada dosen di STMIK AKAKOM. Hasil ini dapat digunakan oleh pimpinan dalam mengambil keputusan dalam pemberian reward bagi dosen berprestasi dan memberi binaan terhadap dosen yang rankingnya rendah.

Keywords


Dosen; Gap Analysis; Sasaran Mutu; Ranking

Full Text:

PDF

References


Setyobudi, M.E., Rosidi, A., Sudharmawan. 2015. Sistem Informasi Penilaian Kinerja

Dosen Di AMIKOM Cipta Dharma Surakarta. Jurnal Ilmiah DASI. Vol. 16 No. 4, 47 – 54.

Haryanti, T. 2018. Penerapan Metode Profile Matching untuk Sistem Pendukung Keputusan Kandidat Karyawan Terbaik. Jurnal & Penelitian Teknik Informatika. Vol. 3. No. 1 Oktober. pp.75-81

Multazam, M., Samsumar, L. D., Arwidiyarti, D. 2018. Rancang Bangun Sistem Informasi Evaluasi Kinerja Dosen Dalam Perkuliahan untuk Meningkatkan Kualitas Proses Pembelajaran. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi. Vol. 7. No. 2. Desember. pp. 74-87.

Jienardy C. 2017. Gap Analisis Persepsi dan Ekspektasi Konsumen Terhadap Kualitas Layanan, Harga, Kualitas Produk Esus. Jurnal manajemen dan start-up bisnis, Vol. 1, No. 6 Februari pp. 703-710.

Sunoto, A. 2018. Analisis dan Desain Sistem Informasi Penilaian Kinerja Dosen Berdasarkan Pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi (Studi Kasus STIKOM Dinamika Bangsa Jambi). Jurnal Ilmiah Media Sisfo, Vol. 12, No.1. April. Pp.966-985.

Panggabean, E. 2016. Sistem pendukung Keputusan Evaluasi Kinerja Dosen Menggunakan Metode Fuzzy Simple Additive Weighting(FSAW). Jurnal Mantik Penusa. Vol. 19,.No. 1 Juni. ISSN : 2088-3943




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/format.2021.v10.i1.010

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 FORMAT: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Format : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika
Fakultas Ilmu Komputer Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215840816
http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/format

p-ISSN: 2089-5615
e-ISSN: 2722-7162

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.

View My Stats