Penerapan Self-Service Technology pada Aplikasi Pelayanan Penduduk Desa Labuhan Sumbawa

Herfandi Herfandi, Elga Ramdani, Saruni Dwiasnati, Agung Susilo Yuda Irawan, Royan Habibie Sukarna

Abstract


Pemerintah Desa di Indonesia merupakan lembaga penyelenggara pelayanan publik yang digunakan oleh pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam memenuhi kebutuhan penduduk desa. Pelayanan penduduk desa merupakan suatu kewajiban pihak desa. Pemerintahan Desa harus memiliki sistem pelayanan yang lebih optimal dalam melakukan proses administrasi agar lebih efisien yang otomatis berdampak pada penyesuaian terhadap revolusi industri ke empat. Proses pelayanan administrasi Kantor Desa Labuhan Sumbawa masih belum efektif dan efisien di karnakan masih menggunakan cara konvensional. Karenanya tujuan dari penelitian ini menerapkan Self-Service Technology pada Aplikasi Pelayanan Penduduk guna mengatasi masalah tersebut. Self-Service Technology lebih menekan efisiensi dan efektifisas dalam segi operasional dan sudah di terapkan berbagai bidang. Penelitian ini menghasilkan Aplikasi pelayanan Penduduk menggunakan Self-Service Technology yang di kembangkan dengan metode waterfall. Aplikasi ini memiliki fitur Menu Laporan untuk admin dan Menu Buat Surat yang di dalamnya sudah terdapat template jenis surat serta Cetak Surat untuk penduduk desa. Pengujian perangkat lunak dengan metode black box melibatkan auditor dan ahli IT mendapatkan kesimpulan berhasil dari berbagai jenis pengujian. Aplikasi ini diharapkan mampu mempermudah dan meningkatkan kinerja kantor desa Labuhan sumbawa menjadi lebih efisien dan efektif.

Keywords


Aplikasi Pelayanan Penduduk; Black Box; Pemerintah Desa; Self-Service Technology; Waterfall

Full Text:

PDF

References


“2-Dengan Persetujuan Bersama DEWAN PERWAKILAN RAKYAT REPUBLIK INDONESIA dan PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA.”

A. Kurniawan, M. Chabibi, and R. S. Dewi, “Pengembangan Sistem Informasi Pelayanan Desa Berbasis Web Dengan Metode Prototyping Pada Desa Leran,” JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), vol. 7, no. 1, p. 114, Feb.

, doi: 10.30865/jurikom.v7i1.1863.

T. Parjaman, “The Graduate Program of Universitas Galuh Master of Management Studies Program ESAI: PENGUATAN KAPASITAS BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDes) SEBAGAI LEMBAGA PENGGERAK PEMBANGUNAN PEREKONOMIAN DESA,” vol. 5, pp. 689–698, 2021, [Online]. Available: http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/managementreview

Y. Xiang, “Set self-service sales and online customization in one of the product network marketing system construction and management research,” Cluster Computing, vol. 22, pp. 8803–8809, Jul. 2019, doi:

1007/s10586-018-1971-z.

H. Shin and R. R. Perdue, “Self-Service Technology Research: A bibliometric co-citation visualization analysis,” International Journal of Hospitality Management, vol. 80, pp. 101–112, Jul. 2019, doi: 10.1016/j.ijhm.2019.01.012.

M. V. al Hasri and E. Sudarmilah, “Sistem Informasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Berbasis Website Kelurahan Banaran,” MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer, vol. 20, no. 2, pp. 249–260, May 2021, doi: 10.30812/matrik.v20i2.1056.

D. Dikelurahan et al., “Perancangan Aplikasi Sistem Pengolahan,” JUTIS, vol. 8, no. 1, pp. 17749231–5527063, 2020.

E. Junirianto and D. S. Wita, “Pengembangan Aplikasi Antrian Online MAL Pelayanan Publik Samarinda,” Informatika Mulawarman : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, vol. 15, no. 2, p. 127, Sep. 2020, doi: 10.30872/jim.v15i2.3117.

Sujono, “PENERAPAN APLIKASI SISTEM INFORMASI KEPENDUDUKAN BERBASIS WEB PADA KANTOR KEPALA DESA PUPUT KEC. SIMPANGKATIS,” Jurnal SIMETRIS, vol. 9, no. 1, 2018.

M. Pelayanan et al., “Sihombing, Aplikasi SIMADE (Sistem Informasi Manajemen Desa) Dalam,” 2018.

W. Sulastri, D. Kustiawan, A. Aristo, J. Sinlae, and M. Irfan, "Pengembangan Sistem E-Government Untuk Peningkatan Layanan Publik Pada Tata Kelola Administrasi Desa,” Jurnal Riset Komputer), vol. 8, no. 6, pp. 2407–389, 2021, doi: 10.30865/jurikom.v8i6.3650.

R. M. Firzatullah, “Development of XYZ University’s Student Admission Site Using Waterfall Method,” 2021. [Online]. Available: https://iocscience.org/ejournal/index.php/mantik

S. Hansen, “Investigasi Teknik Wawancara dalam Penelitian Kualitatif Manajemen Konstruksi,” Jurnal Teknik Sipil, vol. 27, no. 3, p. 283, Dec. 2020, doi: 10.5614/jts.2020.27.3.10.

Jamal et al., “Design and Implementation of Web Application for Attendance List of Lecturers Using Codeigniter and Bootstrap Framework,” in Journal of Physics: Conference Series, Apr. 2021, vol. 1807, no. 1.

doi: 10.1088/1742-6596/1807/1/012030.

S. S. Trilani and E. Sudihartinih, “Analisis Kebutuhan Video pada Pembelajaran Matematika Mahasiswa Calon Guru di Masa Pandemi Covid-19,” Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), vol. 10, no. 2, pp. 317–330, 2022, doi: 10.25273/jipm.v10i2.9238.

M. M. Nasef, B. El-Aarag, A. Hashim, and P. M. el Kafrawy, “P Systems Implementation: A Model of Computing for Biological Mitochondrial Rules using Object Oriented Programming,” International Journal of

Advanced Computer Science and Applications, vol. 12, no. 10, pp. 517–531, 2021, doi:10.14569/IJACSA.2021.0121059.

R. Lachmann, “12.4 - Machine Learning-Driven Test Case Prioritization Approaches for Black-Box Software Testing,” Dec. 2020, pp. 300–309. doi: 10.5162/ettc2018/12.4.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/10.22441/format.2022.v11.i1.010

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Format : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Format : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika
Fakultas Ilmu Komputer Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215840816
http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/format

p-ISSN: 2089-5615
e-ISSN: 2722-7162

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.

View My Stats