Evaluasi Pengalaman dan Keterlibatan Pengguna Pada Aplikasi Pembelian Tiket Bioskop M-Tix dengan Metode UEQ+ dan UES
Abstract
Cineplex 21 Group yang dimiliki oleh PT Nusantara Sejahtera Raya Tbk adalah perusahaan yang berfokus pada industri bioskop di Indonesia dan juga menjadi pelopor jaringan Cineplex di negara ini. Sejak 2015, perusahaan ini telah melakukan digitalisasi pada sistem penjualan tiket dengan meluncurkan aplikasi M-Tix. Aplikasi tersebut telah diunduh lebih dari 10 juta kali dan mendapatkan rating 3,8 pada September 2023. Untuk menilai kualitas pengalaman dan tingkat keterlibatan pengguna, pengukuran yang akurat diperlukan untuk meningkatkan aplikasi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengalaman dan keterlibatan pengguna, serta untuk mengidentifikasi apakah terdapat korelasi antara keduanya. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah User Experience Questionnaire Plus (UEQ+) dan User Engagement Scale (UES) untuk mengevaluasi pengalaman dan keterlibatan pengguna aplikasi M-Tix. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi M-Tix mendapatkan evaluasi positif secara keseluruhan terkait pengalaman pengguna dan juga menunjukkan tingkat keterlibatan pengguna yang baik. Selain itu, penelitian ini menemukan adanya hubungan yang bervariasi antara pengalaman pengguna dan tingkat keterlibatan mereka, yang mengindikasikan adanya saling pengaruh antara keduanya. Temuan ini memberikan informasi yang berguna untuk pengembangan lebih lanjut aplikasi tersebut, guna meningkatkan kualitas layanan bagi penggunanya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
N. Fadhilah dan S. H. Quranisari, “Efektivitas Penggunaan Aplikasi M-Tix dan Tix Id Dalam Pembelian Tiket Bioskop di Kalangan,” Transekonomika: Akuntansi, Bisnis dan Keuangan, vol. 2, hlm. 153–162, 2022.
Y. Fairnando Augusto, A. Rachmadi, dan A. D. Herlambang, “Analisis Kesuksesan Aplikasi Mobile Pemesanan Tiket Bioskop M-Tix Cinema 21 Berdasarkan Perspektif Pengguna di Kota Malang
Menggunakan Pendekatan Delone and McLean Success Model,” 2019.
Martin Schrepp, “Handbook for The Modular Extension of The User Experience Questionnaire,” vol. 02, 2020.
F. Fernando, “Perancangan User Interface (UI) & User Experience (UX) Aplikasi Pencari Indekost Di Kota Padangpanjang,” Jurnal Tanra Desain Komunikasi Visual, vol. 7, hlm. 101–111, Agu 2020.
M. Lalmas, H. O’Brien, dan E. Yom-Tov, “Measuring User Engagement,” Synthesis Lectures on Information Concepts, Retrieval, and Services, vol. 6, hlm. 1–132, Nov 2014.
H. L. O’Brien, P. Cairns, dan M. Hall, “A Practical Approach to Measuring User Engagement with The Refined User Engagement Scale (UES) And New UES Short Form,” International Journal of Human Computer Studies, vol. 112, hlm. 28–39, Apr 2018.
J. Ferad Wawolumaja, M. Huseini, K. Yuliaty Subarsa, dan R. Anggraini, “Topik Utama Pengaruh User Experience (UX) Design Terhadap Kemudahan Pengguna Dalam Menggunakan Aplikasi Carsworld Pengaruh User Experience (UX) Design Terhadap Kemudahan Pengguna Dalam Menggunakan Aplikasi Carsworld,” 2021.
M. Rivansyah, D. Arifianto, dan W. Suharso, “Analisis User Interface dan User Experience Pada SIA Mobile UM Jember dengan Metode User Experience Questionnaire,” JUSTINDO (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi Indonesia), vol. 8, hlm. 108–115, Agu 2023.
S. A. Putri, K. A. Wibowo, dan I. Fuady, “Personalisation and User Engagement,” Ultimacomm: Jurnal Ilmu Komunikasi, vol. 13, hlm. 197–213, Des 2021.
H. Zhao dan Q. Shi, “Accessing the Impact Mechanism of Sense of Virtual Community on User Engagement,” Front Psychol, vol. 13, Jun 2022.
A. Y. Wijayanti, “Analisis User Engagement pada Akun Instagram Perpustakaan di Masa Covid-19,” Jurnal Pustaka Ilmiah, vol. 8, hlm. 48, Des 2022.
H. Zou, H. Michelle Chen, dan S. Dey, “A Quantitative Analysis of Pinterest,” Understanding Library User Engagement Strategies: Journal of Information Technology Management, vol. 26, 2015.
S. Rohadian dan M. T. Amir, “Upaya Membangun Customer Engagement Melalui Media Sosial Instagram,” Journal of Entrepreneurship, Management and Industry (JEMI), vol. 2, no. 4, Des 2019.
H. B. Santoso, M. Schrepp, L. M. Hasani, R. Fitriansyah, dan A. Setyanto, “The use of User Experience Questionnaire Plus (UEQ+) for cross-cultural UX research: evaluating Zoom and Learn Quran Tajwid as online learning tools,” Heliyon, vol. 8, no. 11, Nov 2022.
Martin Schrepp dan Jörg Thomaschewski, “Handbook for the modular extension of the User Experience Questionnaire,” 2023.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, 1 ed, Alfabeta, Bandung, 2018.
DOI: http://dx.doi.org/10.22441/format.2025.v14.i1.005
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Format : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Format : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika
Fakultas Ilmu Komputer Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215840816
http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/format
![]() |
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.


