Penerapan Kemampuan Problem solving pada Siswa SMP Menggunakan Pendekatan Computational Thinking (CT) Berbasis Role Playing Game (RPG)
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Mahardhika, G. P. (2016). Digital Game Based Learning dengan Model ADDIE untuk Pembelajaran Doa Sehari-Hari. Digital Game based Learning dengan Model ADDIE.
Pranata, B. A., Arief, U. M., & Suryanto, A. (2017). Media Pembelajaran Simulasi Perakitan Komputer Menggunakan Unity 3D. Edu Komputika Journal.
Sari, K. W., Saputro, S., & Hastuti, B. (2014). Pengembangan Game Edukasi Kimia Berbasis Role Playing Game (RPG) Pada Materi Struktur Atom Sebagai media Pembelajaran Mandiri Untuk Siswa Kelas X SMA Di Kabupaten Purworejo. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), Vol. 3 No. 2 Tahun 2014.
Abror, A. F. (2012). Mathematics Adventure Games Berbasis Role Playing Game (RPG) Sebagai Media Pembelajaran Mata Pelajaran Matematika.
Afandi, M. (2018). Virtualisasi Tiga Dimensi Museum Sandi.
ALFINA, A. (2017). Berpikir Komputasional Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Yang Berkaitan Dengan Aritmatika Sosial Ditinjau Dari Gender.
Anonim. (2017, November 20). Computational Thinking Bersama Ketua TOKI. Retrieved November 23, 2018, from fmipa.ipb.ac.id: http://fmipa.ipb.ac.id/bicara-computational-thinking/
Anonim. (2017, Januari 09). Game Assets 2D-OpenGameArt Summer. Retrieved Juli 5, 2019, from imedia9: https://www.imedia9.net/2017/01/game-assets-2d-opengameart-summer.html
Aprilia, W. (2014, may 06). Multimedia Authoring Tools. Retrieved january 07, 2019, from busybuzzlightyear: https://busybuzzlightyear.wordpress.com/2014/05/06/multimedia-authoring-tools/
Budiaji, W. (2013). Skala Pengukuran dan Jumlah Respon Skala Likert (The Measurement Scale and The Number of Responses in Likert Scale). Jurnal Ilmu Pertanian dan Perikanan.
Kurniawati, A. (2010). Studi Analisis Tools Pembelajaran Berbasis Game dalam Upaya Peningkatan Kompetensi Keahlian Pemrograman. Rekayasa.
Kurniawati, A. (2012). Studi Analisis Tools Pembelajaran Berbasis Game.
Padmanthara, S. (2004). Pembelajaran Berbantuan Komputer (PBK) dan Manfaat. TEKNO.
Ristiasari, T., Priyono, B., & Sukaesih, S. (2012). Model Pembelajaran Problem solving Dengan Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Unnes Journal of Biology Education.
Santoso, PhD, H. B. (2015). Pemaparan Kompetensi TIK & Lingkup Materi TIK.
Saputra, A. (2012). Model Pembelajaran Problem solving Pada Materi Pokok Kesetimbangan Kimia Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa.
Yanti, A. P., & Syazali, M. (2016). Analisis Proses Berpikir Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Langkah-Langkah Bransford dan Stein Ditinjau Dari Adversity Quontient Siswa Kelas X MAN 1 Bandar Lampung Tahun 2015/2016.
DOI: http://dx.doi.org/10.22441/format.2019.v8.i2.009
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 FORMAT
Format : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika
Fakultas Ilmu Komputer Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215840816
http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/format
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.