Sistem Informasi Penjualan Sepeda Motor Pada Dealer UMKM Menggunakan Metode PIECES

Arief Herdiansah

Abstract


Kebutuhan permintaan pembelian sepeda motor saat ini semakin besar, hal tersebut membuka peluangan bagi perseorangan untuk membuka usaha deler motor sekala kecil atau UMKM. Penelitian ini dilakukan pada satu dieler motor Deni Motor di kota Tangerang yang merupakan salah satu contoh dealer motor UMKM yang banyak bermunculan di Kota Tangerang. Sistem penjualan motor di dealer Motor UMKM saat  ini  masih  menggunakan cara  konvensional/manual dimana semua  proses  penjualan mulai  dari informasi motor yang dijual, proses pencatatan data pelangan sampai dengan proses pembuatan laporan penjualan. Metode penjualan konvensional tersebut kurang efektif dan efisien sehingga perlu dibuatkan sebuah sistem informasi penjualan yang dapat meningkatkan penjualan motor. Metode pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah metode observasi, wawancara dan studi kepustakaan, Proses analisa sistem yang peneliti gunakan adalah metode PIECES. Metode ini dipilih agar peneliti dapat lebih memperoleh pokok-pokok permasalahan yang lebih spesifik. Dengan analisis PIECES diharapkan sistem penjualan motor yang dihasikan dapat meningkatkan kinerja, meningkatkan kualitas informasi yang dihasilkan sistem serta dapat membuat proses penjualan motor berjalan dengan terkontrol, efektif dan efisien. Proses perancangan sistem menggunakan UML dan pengembangan sistem menggunakan model waterfall. Sistem yang dihasilkan diuji menggunakan metode pengujian Black Box Testing.


Keywords


Sistem Informasi Penjualan, UMKM, Dealer Motor, PIECES, Black Box Testing

Full Text:

PDF

References


Dennis, A., Wixson, H.B., Roth, M.R., 2012, System Analyst and Design, 5th edition. USA, Don Fowley

Publisher.

Dewi, S.R., Marchanda, R.R., Rifai, A. 2016. Analisa Pieces Penerapan Digital Monitoring Informasi Penyewaan Ruko Pasar 8 pada PT Alam Sutera Realty, Tbk. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi 2016 (SENTIKA 2016).

Fathoni, M., Purnama, E.B., Wardati, U.I. 2013. Pembangunan Sistem Informasi Penjualan Sepeda Motor Bekas Pada Unit Dagang (Ud) Merdeka Motor Pacitan. IJNS – Indonesian Journal on Networking and Security.

Hardiana. 2014. Perancangan Aplikasi Penjualan Motor Bekas Berbasis Web pada Toko Ainun Masamba.

Jurnal Ilmiah d’ComPutarE Volume 4. Fakultas Teknik Komputer Universitas Cokroaminoto Palopo.

Kurniawan, A. 2017. Sistem Informasi Penjualan Motor di PT Aries Putra Motor Berbasis Web. Skripsi S1, Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknik. Universitas Nusantara PGRI Kediri. http://simki.unpkediri.ac.id/mahasiswa/file_artikel/2017/12.1.03.03.0314.pdf

Presmann, R.S. 2015. Rekayasa Perangkat lunak: pendekatan praktis - Buku 1 (diterjemahkan oleh LN Harnaningrum). Edisi 2. Yogyakarta: Andi.

Sudaryono. 2015. Metodologi Riset di Bidang IT: Panduan Praktis, Teori dan Contoh Kasus. Yogyakarta, Andi Offset.

Suprihadi., Hudiono, K.R., dan Wijaya, S.L. 2013. Rancang Bangun Sistem Jejaring Klaster Berbasis Web

Menggunakan Metode Model Controller. Jurnal CCIT. Vol 6 No 3:308-331. STMIK Raharja Tangerang.

Wijaya, S.W., Handojo, A., Rostianingsih, S. 2013. Rancang Bangun Aplikasi Sistem Informasi Administrasi pada Dealer Jaya Abadi Motor Jember. Jurnal INFRA. Vol 7 No 2. Universitas Kristen Petra.




DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.22441/format.2020.v9.i1.009

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 FORMAT: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Format : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika
Fakultas Ilmu Komputer Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215840816
http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/format

p-ISSN: 2089-5615
e-ISSN: 2722-7162

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.

View My Stats