ANALISIS CITRA MADRASAH DAN KUALITAS LAYANAN PENDIDIKAN TERHADAP KEPUASAN ORANG TUA SERTA IMPLIKASINYA PADA LOYALITAS ORANG TUA SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 13 JAKARTA
Rosa Chulia Rahmah
Abstract
Abstract: Demands of quality education is very high in this life. Educational institutions try to provide the best service to be able to survive and become the people's choice. This study attempts to analyze and determine the image of madrasah and the quality of educational services to parental satisfaction and their implications for the loyalty of parents of students at Madrasah Ibtidaiyah Negeri 13 Jakarta. This study used a quantitative approach. Data collection was carried out using a digital questionnaire through Google form with a total sample of 121 parents. Data analysis techniques used path analysis with the help of the SPSS (Statistical Package for the Social Sciences) program for Windows. The results showed that the image of madrassas had a positive and significant effect on parental satisfaction and parental loyalty. Quality of service does not significantly influence parental satisfaction and parental loyalty. Parental satisfaction has a positive and significant effect on parental loyalty. Parental satisfaction mediates between the influence of madrasa image and service quality on parental loyalty.
Abstrak: Tuntutan akan kualitas pendidikan sudah sangat tinggi di kehidupan sekarang ini. Lembaga pendidikan berusaha memberikan pelayanan terbaik untuk bisa tetap bertahan dan menjadi pilihan masyrakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui citra madrasah dan kualitas layanan pendidikan terhadap kepuasan orang tua serta implikasinya pada loyalitas orang tua siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 13 Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan kuesioner digital melalui google form dengan jumlah sampel responden sebanyak 121 orang tua siswa. Teknik analisa data menggunakan analisis jalur (path analysis) dengan bantuan program SPSS (Statistical Package for the Social Sciences) for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra madrasah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan orang tua dan loyalitas orang tua. Kualitas layanan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan orang tua dan loyalitas orang tua. Kepuasan orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas orang tua. Kepuasan orang tua memediasi antara pengaruh citra madrasah dan kualitas layanan terhadap loyalitas orang tua.
Keywords
Citra Madrasah, Kualitas Layanan Pendidikan, Kepuasan Orang Tua, Loyalitas Orang Tua
Copyright (c) 2020 Indikator: Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis
INDIKATOR Magister Manajemen Universitas Mercu Buana Jl. Raya Kranggan No. 6 Jatisampurna, Kampus D Universitas Mercu Buana 17436 Tlp./Fax: +62218449635 p-ISSN: 2598-6783 e-ISSN: 2598-4888 http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/indikator