Analisa Pengaruh Kualitas Produk dan Saluran Distribusi terhadap Keputusan Pembelian serta Implikasinya pada Kepuasan Pelanggan PT. Widodo Makmur Perkasa

Suyatmi Suyatmi, Arifin Sitio

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Kualitas Produk dan Saluran Distribusi terhadap Keputusan Pembelian serta Implikasinya pada Kepuasan Pelanggan PT. Widodo Makmur Perkasa. Pengambilan sampel ditujukan kepada pelanggan PT Widodo Makmur Perkasa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan pada tahun 2017 sebanyak 55 pedagang. Pemilihan sampel dilakukan dengan total sampling, dimana seluruh populasi akan diambil sebagai sampel dalam penelitian ini. Analisis data yang dilakukan adalah analisis kuantitatif yang dinyatakan dengan angka-angka dan perhitungannya menggunakan metode standart yang dibantu dengan program SPSS Versi 23. Hasil pada penelitian adalah (1)  Kualitas Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian, (2) Saluran Distribusi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian, (3) Kualitas Produk berpegaruh tidak langsung terhadap Kepuasan Pelanggan melalui Keputusan Pembelian, (4) Saluran Distribusi berpegaruh tidak langsung terhadap Kepuasan Pelanggan melalui Keputusan Pembelian.

Keywords


Kepuasan Pelanggan, Keputusan Pembelian, Kualitas Produk, Saluran Distribusi

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, 2008, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Edisi Revisi, Jakarta : Rineka Cipta.

Aryani, Dwi dan Febrina Rosinta. 2010. Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan. Bisnis dan Birokrasi. Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi. Mei—Agus 2010,. 114-126.

Assauri, Sofyan, 2008, Manajemen Pemasaran, edisi pertama, cetakan kedelapan,. Penerbit : Raja Grafindo,

Daryanto. 2011. Sari Kuliah Manajemen Pemasaran. Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Dibyantoro dan Nani Cesimariani. (2012). Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada CV. Haspari Palembang. Jurnal Ekonomi dan Informasi Akuntansi (Jenius). Volume 2 Nomor 2 Mei 2012.

Djaslim, Saladin. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi ke- 4. Bandung: Linda Karya,

Gountas, J., and Gountas, S. (2007). Personality Orientations, Emotional States, Customer Satisfaction, and Intention to Repurchase. Journal of Business Research, Vol.60, No.1

Hean, T.K., and W.T. Chi, (2001). Retail Consumers as Partial Employees in Services Provision a Conceptual Framework. International Journal of Retail and distribution Management. Vol. 9, No. 8.

Heryanto,I.2015. Analisis pengaruh produk, harga, distribusi, Dan promosi terhadap keputusan pembelian Serta implikasinya pada kepuasan pelanggan. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship Vol. 9, No. 2, Oktober 2015, 80-101

Isliko, T. W.A., Rahayu, M., (2010). Mediasi Keputusan Pembelian pada Faktor Situasional dan Faktor Produk terhadap Kepuasan Konsumen di Kota Kupang, Jurnal Aplikasi ManajemenVol.8., No.2.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2012. Marketing Management. 14 e Global Edition. Pearson.

Kristian, D dan Rita, W. 2016. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Pada Mahasiswa Kampus 1 Universitas Kristen Krida Wacana. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis,. Vol. 16, No. 1, Januari - Juni 2016.

Kristiana, N., & Wahyudin, N. (2012). Pengaruh Persepsi Atribut Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Mobil Merek Isuzu Elf Studi Pada PT. Karya Zirang Utama Isuzu Semarang. Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi Terapan (JIMAT),3(1).

Lovelock, 2008. Marketing Manajemen : Analisis, Planning, Implementation. Ninth Edition, Prentice-Hall International Inc. New Jersey.

Maria, M dan M. Y. Anshori. 2013. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen King Cake. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan Tahun 6. No. 1, April 2013

Nika Irawati dan Soni Kurniawan. 2017. Pengaruh Desain dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen, Jurnal Manajemen Dewantara,Vol.1, No.1

Nirwana. 2012. Pemasaran Jasa. Cetakan Pertama. Malang : Alat Pustaka.

Priyatno, D. 2008. Mandiri Belajar SPSS. Yogyakarta : Mediakom.

Santoso, S . 2010. Statistik NonParametrik. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Citra.

Schiffman, Kon G dan Leslee, Lazer Kanuk. 2008. Perilaku Konsumen. PT. Indeks Group Gramedia, Jakarta.

Setiadi, Nugroho. 2010. Perilaku Konsumen. Penerbit Kencana, Jakarta.

Simamora, Bilson. 2008. Membongkar Kotak Hitam Konsumen. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sriwidodo, Untung dan Rully Tri Indriastuti. Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Jasa Terhadap Kepuasan Nasabah. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Vol. 10, No. 2, Oktober 2010 : 164 – 173.

Stanton, W.J. 1998. Prinsip Pemasaran. Edisi Ketujuh Jilid I. Jakarta : Erlangga.

Sukarno, Gendut dan Sumarto. 2003. Pengaruh Pengorbanan dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Ulang. Ekuitas Vol.9 No.4 Desember 2005: 545 - 564

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian dan Administratif. Bandung : Alfabeta.

Swastha, Basu. 2008. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta : Liberty.

Tjiptono, Fandy. 2010. Pemasaran Jasa. Edisi Pertama. Cetakan Kedua, Malang: Penerbit Bayumedia Publishing.

_____________. 2008. Perspektif Kontemporer Manajemen dan Pemasaran. Yogyakarta : Andy Offset.

Umar Husein. 2003. Metode Riset Perilaku Konsumen Jasa. Cetakan Pertama, Ghalia Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/indikator.v3i1.5171

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Indikator: Jurnal Ilmiah Manajemen & Bisnis

INDIKATOR
Magister Manajemen Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Kranggan No. 6 Jatisampurna, Kampus D Universitas Mercu Buana 17436
Tlp./Fax: +62218449635
p-ISSN: 2598-6783
e-ISSN: 2598-4888
http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/indikator

 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats