SOSIALISASI EKONOMI SYARIAH SEBI GOES TO NUSANTARA (SGN) 2020 “Optimalisasi Ekonomi Syari’ah untuk Menunjang Peningkatan Ekonomi Daerah Lebak, Banten”

Sepky Mardian

Abstract


Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi ekonomi syariah kepada masyarakat Lebak serta identifikasi potensi ekonomi lokal yang dapat dikembangkan dengan ekonomi syariah. Metode pengabdian dilakukan dengan seminar dan survei pemahaman peserta terhadap ekonomi syariah dan potensi ekonomi daerah. Kegiatan pengabdian pada masyarakat yang dilakukan pada siswa dan masyarakat umum yang hadir di Gedung PKK Pemerintah Daerah Lebak. Kegiatan dihadiri oleh sekitar 75 orang yang tercatat di dokumen presensi. Kegiatan berlangsung dengan memberikan sosialisasi ekonomi syariah dan potensi ekonomi di daerah Lebak. Dalam sosialisasi juga dilakukan survei online dengan menggunakan platform www.mentimeter.com terkait pemahaman awal peserta tentang ekonomi syariah dan potensi ekonomi daerah Lebak atau Banten yang dapat dikembangkan dengan prinsip ekonomi syariah.

Keywords


Ekonomi syariah; potensi ekonomi daerah; pariwisata halal

Full Text:

PDF

References


Bappenas (2018) Masterplan Ekonomi Syariah Indonesia 2019-2024 Hasil Kajian Analisis Ekonomi Syariah di Indonesia.

BPS Provinsi Banten (2019) Provinsi Banten Dalam Angka 2019. Available at: https://banten.bps.go.id/publication/download.html (Accessed: 18 March 2020).

OJK (2017) Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan 2016.

OJK (2019) Laporan Perkembangan Keuangan Syariah Indonesia 2018.

OJK (2020) Statistik Perbankan Syariah Desember 2019. Available at: https://www.ojk.go.id/id/kanal/syariah/data-dan-statistik/statistik-perbankan-syariah (Accessed: 18 March 2020).

Pitriyanti, P. (2019) Financial Inclusion Acceleration through Islamic Social Economic Activity. Paper No. 97854. Available at: https://mpra.ub.uni-muenchen.de/97854/.

Suci, A. and Hardi, H. (2019) ‘Literacy experiment of Islamic financing to non-Muslim small and micro business’, Journal of Islamic Marketing. doi: https://doi.org/10.1108/JIMA-01-2019-0003.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/jam.v6i2.008

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Abdi Masyarakat (JAM)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing by :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

.


Jurnal Abdi Masyarakat

Pusat Pengabdian Pada Masyarakat
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215871335
p-ISSN: 2460-352X
Online-ISSN: 2686-5623
http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/jam