Bangkit Menuju Kemandirian Usaha Kecil Melalui Pengembangan Kreativitas dan Inovasi Guru Di SMK 1 PKP Jakarta Islamic School Jakarta
Abstract
Di Era Revolusi industry 4.0 yang ditandai dengan Internet Of Things (IOT), virtual reality, bigdata dan cloud computing mendorong terciptanya proses otomatisasi robotic dalam dunia industri. Para pelaku wirausaha harus mampu memanfaatkan perkembangan teknologi informasi ini untuk memacu produktifitas dan meningkatkan efisiensi usaha. Seiring berkembangnya teknologi informasi, wirausaha muda harus jeli dalam melihat dan menangkap peluang usaha yang muncul seiring di era revolusi industri 4.0. Para wirausaha juga jangan cepat berpuas diri dan tidak lagi hanya product oriented, tetapi harus market oriented. Artinya harus bisa menghasilkan apa yang dibutuhkan pasar saat ini dan akan datang. Penyuluhan bertujuan memberikan pemahaman dan pelatihan mengenai Menumbuhkan Jiwa Wirausaha yang Kreatif dan Inovatif di SMK 1 PKP Jakarta Islamic School, Ciracas Jakarta Timur pada tanggal 01 April 2021 menggunakan Aplikasi Zoom Cloud Meeting dengan mitra : guru-guru SMK 1 PKP Jakarta Islamic School Ciracas, Jakarta Timur. Luaran yang diharapkan setelah pengabdian pada masyarakat ini : (1) Guru mendapatkan ilmu mengenai hal ilmu kewirausahaan, (2) Guru mendapatkan ilmu mengenai membaca peluang suatu usaha , (3) Guru mendapatkan ilmu mengenai tips dan trik dalam memulai usaha. Kegiatan ini berjalan lancar. Keberhasilan ini terlihat dengan antusiasme peserta dalam melakukan webinar dan materi-materi yang diberikan berhasil membuat peserta termotivasi dengan adanya ide-ide yang baru yang akan diimplementasikan di kehidupan sehari-hari
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Kingsnorth, S. (2020). Ensuring consistency in the ever dynamic analytics landscape.
Applied Marketing Analytics.
Lieli Suharti dan Hani Sirine (2011), Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Niat Kewirausahaan (Entrepreneurial Intention) (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga) Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan Vol 13. No.2. September, hlm.126
Purba, ML ; Haloho, E;Hasibuan, R. (2019). SEMINAR CREATIVEPRENEURSHIP DAN WORKSHOPDASAR DIGITAL MARKETINGPRODUK UMKM DI ERA MILENIAL. Journal of Community Service, 1(1).
Rano Aditia Putra (2012). Faktor-Faktor Penentu Minat Mahasiswa Manajemen Untuk Berwirausaha (Studi Mahasiswa Manajemen FE Universitas Negeri Padang), Jurnal Manajemen, Vol. 01, Nomor 01, September, hlm. 9
Retno Budi Lestari dan Trisnadi Wijaya. (2012). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa di STIE MPD, STMIK MPD, dan STIE MUSI, Forum Bisnis dan Kewirausahaan Jurnal Ilmiah STIE MPD, Vol. 1, No. 2 Maret, hlm. 113
Yuliani, Nafisah : Amalia, D. (2019). Kesiapan Wirausaha Muda Menuju Revolusi Industri 4.0. Podomoro University, 1.
DOI: http://dx.doi.org/10.22441/jam.2022.v7.i2.010
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Abdi Masyarakat (JAM)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexing by :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Jurnal Abdi Masyarakat
Pusat Pengabdian Pada Masyarakat
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215871335
p-ISSN: 2460-352X
Online-ISSN: 2686-5623
http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/jam