Trauma Healing Bagi Anak-Anak SDN 4 Sipa Rayo Jorong Bunga Tanjuang Terdampak Korban Gempa Pasaman

Feerzet Achmad, Melani Putri, Agnesia Putri Rini, Dennis Farina Nury, Suhartono Suhartono, Suharto Suharto

Abstract


Bencana gempa bumi yang menimpa Kabupaten Pasaman Barat mengakibatkan banyak kerugian yang dapat dirasakan secara fisik maupun non fisik. Kerugian berupa non fisik yang terjadi adanya trauma yang dimiliki terutama terjadi pada anak-anak pasca bencana gempa. korban yang selamat dan luka mengalami kerugian non fisik berupa trauma sehingga terganggu secara mental serta psikologis. Traumatik yang terjadi pada korban bencana gempa ini, bukanlah masalah yang dapat dibiarkan berlarut-larut. Korban bencana harus melakukan pemulihan trauma atau trauma healing, agar korban dapat melanjutkan kehidupan secara normal sebagaimana mestinya sebelum adanya bencana yang terjadi. Tujuan KKN Tematik ini dilakukan untuk menciptakan suasana yang lebih ceria dan dukungan secara psikis sehingga dapat memulihkan trauma yang terjadi setelah bencana gempa bumi. Metode KKN yang dilakukan ialah dengan mewujudkan bentuk nyata untuk pemulihan trauma melalui permainan (play therapy) dan dance therapy agar dari kegiatan ini diharapkan menghilangkan rasa takut yang terjadi serta meminimalisir kesedihan atas trauma yang dialami, agar anak-anak dapat kembali dalam keadaan ceria dan bahagia.


Keywords


Gempa; Korban; Trauma Healing; Pasaman

Full Text:

PDF

References


Maspupatun, I. Keefektifan Play Therapy untuk Penanganan Stress Pasca Trauma Bencana Alam. Proc. Int. Conf. 100–109 (2017).

Mulyasih, R. & Putri, L. D.Trauma Healing Dengan Menggunakan Metode Play Terapy Pada Anak-Anak Terkena Dampak Tsunami Di Kecamatan Sumur Propinsi Banten.Bantenese - J. Pengabdi. Masy. 1, (2019a).

Mulyasih, R. & Diniarizki, L. Trauma healing play terapy pada anak-anak terkena sumur propinsi banten Raya * Corresponding author © 2019 Penerbit PS2PM FISIPKUM UNSERA All rights reserved pendahuluan #Banten berduka, hastag yang memuat berita mengenai pemberitaan tsunami yang menimp. (2019b).

Noverita, Mulyadi & Mudatsir. Terapi Bermain Terhadap Tingkat Kecemasan Pada Anak Usia 3-5 Tahun Yang Berobat Di Puskesmas Peukan Baro. J. Ilmu Keperawatan 5, 67–78 (2018).

Rahman, A. Analisa Kebutuhan Program Trauma Healing untuk Anak-anak Pasca Bencana Banjir di Kecamatan Sungai Pua Tahun 2018: Implementasi Manajemen Bencana.Menara Ilmu 12, 1–6 (2018).

RBI, R. B. RBI : Risiko Bencana Indonesia.Jakarta : BNPB. (2016).

Rusmiyati, C. & Hikmawati, E. Penanganan Dampak Sosial Psikologis Korban Bencana Merapi (Sosial Impact of Psychological Treatment Merapi Disaster Victims). J.Informasi. 17, 97–110, (2012).

Salamor, A. M, Salamor, Y. B. & Ubwarin, E. Trauma Healing Dan Edukasi Perlindungan Anak Pasca Gempa Bagi Anak-Anak Di Desa Waai.. Community Dev. J. J. Pengabdi. Masy. 1, 317–321 (2020).

Sholihat, I., Nasrullah, D. D., Syekh, I. & Cirebon, N. Konseling Pada Anak Korban Bencana Alam : Play Therapy Perspektif. 3, 119–125 (2017).

Siregar, A. Z. & Husmiati.Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara, Pusat Penelitian dan Pengembangan Kesejahteraan Sosial, K. S. Healing, Trauma Victims, Children Healing, Trauma Eruption, Sinabung Mountain. 57–64 (2016).




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/jam.v8i1.15949

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Abdi Masyarakat (JAM)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing by :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

.


Jurnal Abdi Masyarakat

Pusat Pengabdian Pada Masyarakat
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215871335
p-ISSN: 2460-352X
Online-ISSN: 2686-5623
http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/jam