Penguatan Manajemen Usaha dan Strategi Digital Marketing Berbasis Syariah pada UMKM di Desa Padasuka

Yuniar Shinta Nurahayu, Citra Lova, Dita Handayani

Abstract


Pengabdian Kuliah Kerja Nyata ini bertujuan untuk membantu para UMKM dalam menguatkan potensi ekonomi masyarakat agar dapat lebih berkembang mengikuti perkembangan zaman. Pengabdian ini dilakukan di Desa Padasuka Kecamatan Kutawaringin Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Pengabdian ditujukan kepada para pelaku usaha UMKM di bidang konveksi yang mana usaha terbut menjadi sumber pendapatan utama desa agar pelaku usaha dapat melakukan penguatan manajemen usaha mereka. Metode yang diberikan berupa sosialisasi dengan menyampaikan materi langsung kepada masyarakat dalam satu tempat. Masyarakat diberikan pemahaman mengenai sistem digitalisasi dalam digital marketing. Masyarakat diberikan pemahaman terkait dengan apa dan bagaimana digital marketing, keuntungan yang dapat diterima jika melakukan pemasaran secara digital, memberikan contoh membuat pemasaran yang menarik, menjelaskan kaitannya digital marketing dengan pemasaran Islam. Kesimpulan dari pengambilan kepada masyarakat desa ini adalah bahwa digital marketing berbasis syariah yang dilakukan dengan baik sesuai dengan prinsip-prinsip Islam akan memberikan dampak yang baik terhadap hasil yang akan diterima karena dalam sistem pemasarannya menerapkan sifat kejujuran, amanah, cerdas dan inovatif, serta komunikatif.

Keywords


UMKM; Pendapatan; Manajemen Usaha; Digital Marketing

Full Text:

PDF

References


Chakti, Andi Gunawan. 2019. The Book of Digital Marketing. Edited by Sobirin. 1st ed. Celebes Media Perkasa. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=OQzBDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR1&dq=digital+marketing+menurut+para+ahli&ots=wd5aHf2Vpi&sig=qr6H8EuLPzuw1vak2vKEP-R8kYE&redir_esc=y#v=onepage&q=digital marketing menurut para ahli&f=false.

Damhudi, Dedi, Dian A. Rahim, and Irma Citarayani. 2022. “Webinar Pelatihan Mengenal Laporan Keuangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM).” http://repository.unsada.ac.id/2371/1/Laporan Pengabdian Masyarakat semester Gasal 21-22_Dedi_Dian_Irma %282%29.pdf.

Hartini, Suci, Muhammad Iqbal Fasa, and Suharto. 2022. “Digital Marketing Dalam Perspektif Ekonomi Islam.” Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam 5 (1): 197–206. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jei/article/view/14981/8316.

Luthfi, Muhammad. 2022. “Digital Marketing Berbasis Syariah.” Pesantren.id. https://pesantren.id/digital-marketing-berbasis-syariah-12276/.

Munandar, Dadang. 2022. Digital Marketing. Edited by Nurjaya. 1st ed. Surabaya: Cipta Media Nusantara. https://www.google.co.id/books/edition/DIGITAL_MARKETING/99B0EAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=pengertian+digital+marketing&pg=PA11&printsec=frontcover.

Pasaribu, Munawir, and Putri Maulia. 2021. “Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Memasarkan Produk Teh Di Desa Maraja.” Proceding Seminar Nasional Kewirausahaan 2 (1): 769–82.

Rauf, Abdul, Sardjana Orba Manullang, Trin Endi Ardinsyah P.S, Farah Diba, Ilham Akbar, Robi Awaluddin, Puji Muniarty, et al. 2021. Digital Marketing: Konsep Dan Strategi. Edited by Romindo and Eko Sudarmanti. 1st ed. Cirebon: Penerbit Insania. https://www.google.co.id/books/edition/Digital_Marketing_Konsep_dan_Strategi/nSU5EAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=perbedaan+digital+marketing+dan+tradisional+marketing&pg=PT25&printsec=frontcover.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/jam.v9i2.17189

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Abdi Masyarakat (JAM)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing by :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

.


Jurnal Abdi Masyarakat

Pusat Pengabdian Pada Masyarakat
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215871335
p-ISSN: 2460-352X
Online-ISSN: 2686-5623
http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/jam