Program Kemitraan Masyarakat Peningkatan Atribut Wisata Bagi Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) Gunung Padang Cianjur Paska Covid-19

Putri Suryandari, Rismawandi Rismawandi, Anggraeni Diah

Abstract


Gunung Padang adalah objek wisata di Cianjur yang merupakan kawasan megalitikum tertua di Indonesia dan bahkan di dunia. Namun kondisi pengetahuan para komunitas pemandu wisata terhadap objek wisata, sangat terbatas dan hanya mengacu pada pengetahuan turun temurun. Atribut wisata yang ada di Kawasan wisata juga sangat minim. Sejak adanya pandemi Covid19 kunjungan wisata menjadi sepi, sehingga pengembangan tema dan atribut wisata diharapkan dapat meningkatkan nilai kunjungan wisatanya. Pada kegiatan PKM ini, yang menjadi mitra adalah Yayasan 74 Hafisun Alim dan Pemandu Wisata Gunung Padang. Permasalahan yang ada saat ini, kurangnya pengetahuan panduan wisata (Tour Guide) dan tidak tedapat Atribut wisata seperti; brosure, buku panduan wisata dan Infografis 2 bahasa. Solusinya adalah : Pelatihan Tour Guide umum dan Religi, dan pendampingan dalam penyediaan atribut wisata di pos informasi pemandu wisata secara umum, dan sesuai tema khusus wawasan religi di Gunung Padang. Penyediaan atribut wisata yang disambut dengan baik oleh mitra, meningkatkan semangat dari Pokdarwis untuk terus memperkenalkan situs ini kepada dunia.


Keywords


Pokdarwis; Gunung_Padang; Pilar of Al Quran; peningkatan_kapasitas

Full Text:

PDF

References


Tempo, “Pengunjung Gunung Padang Turun Hingga 90persen,” Tempo.com, Nov. 2021.

I. W. R. Bagus, I. G., Utama, R., Junaedi, “Program Kemitraan Masyarakat Desa Wisata,” 2018.

N. R. P. Sari, “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengembangan Obyek Wisata Oleh Kelompok Sadar Wisata Dewabejo di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul.,” 2012.

H. Hafiid and Y. Sugiarto, “Analisis Pengembangan Sumber Daya Manusia Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Kerja Untuk Menghadapi Persaingan Tenaga Kerja Asing,” Public Adm. J., vol. 4, no. 1, pp. 43–53, 2020, [Online]. Available: https://journal.moestopo.ac.id/index.php/paj/article/view/1709.

CNN Indonesia, “Situs gunung padang mister pengubah sejarah dunia,” cnnIndonesia.com, p. 1, 2018.

Suad Husnan, Dasar-dasar Manajemen. Yogyakarta, 2002.

A. M. Karokaro, Analisis Tingkat Kepuasan Pengunjung Agrowisata Little Farmers Cisarua Kabupaten Bandung Utara. Bogor: Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor, 2007.

2009 Lestari, Susi, Pengembangan Dalam Upaya pemberdayaan Masyarakat Studi di Desa Wisata kembang Arum Sleman. Yogjakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora Universitas Islam Negri Sunan Kalijaga Yogyakarta., 2009.

H. A. Devy, “Pengembangan Obyek Dan Daya Tarik Wisata Alam Sebagai Derah Tujuan Wisata Di Kabupaten Karanganyar,” J. Sosiol. DILEMA, vol. 1, no. 32, pp. 34–44, 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/jam.v8i2.17314

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Abdi Masyarakat (JAM)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing by :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

.


Jurnal Abdi Masyarakat

Pusat Pengabdian Pada Masyarakat
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215871335
p-ISSN: 2460-352X
Online-ISSN: 2686-5623
http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/jam