Kegiatan Pengabdian Masyarakat “Implementasi Desain Kurikulum di Sekolah Berbasis Inklusi” SD Yapita Surabaya

Alvia Amalani Mujaroh Putri, Lu’lu’ul Mukaromah, Ratna Ayyu Bidari, Rifdah Salsabila, Sekar Putri Pembayan

Abstract


Pengabdian kepada masyarakat mengenai implementasi desain kurikulum di sekolah berbasis inklusi yang bertujuan untuk mengetahui desain kurikulum yang diterapkan di sekolah berbasis inklusi.pengabdian kepada masyarakat ini menggunakan metode teknik PRA berupa pendekatan yang melibatkan masyarakat desa sebagai upaya peningkatan pengetahuan dalam menyelesaikan masalah.pendidikan inklusif merupakan strategi yang efektif untuk mengurangi sikap deskriminatif.kurikulum merupakan seperangkat rencana pembelajaran yang dijadikan sebagai acuan dalam proses belajar mengajar yang bertujuan untuk mencapai tujuan pendidikan. tidak terdapat perbedaan jenis kurikulum bagi anak normal maupun anak berkebutuhan khusus dalam sekolah berbasis inklusi.namun pihak sekolah bertanggungjawab dan peduli dengan anak penyandang kebutuhan khusus.pihak sekolah memberikan penyesuaian waktu baik pada saat mengerjakan maupun pada saat penilaian hasil belajar.pemahaman kembali mengenai materi yang telah dipelajari sebagai upaya guru untuk mengetahui respon peserta didik pada saat pembelajaran

Keywords


desain kurikulum, pendidikan inklusif, implementasi

Full Text:

PDF

References


Bahri, S. (2017). PENGEMBANGAN KURIKULUM DASAR DAN TUJUANNYA. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 11(1), 15. https://doi.org/10.22373/jiif.v11i1.61

Chambers, R. (1996). PRA Participatory Rural Appraisal = Memahami desa secara partisipatif (Y. Sukoco, Trans.; Cetakan ke-1). Kanisius : Yayasan Mitra Tani.

Fitrianti, Y., Afifa, M., Wulandari, R., & Chasanah, U. (n.d.). Implementasi Pembelajaran Tematik Terpadu Pada Anak Berkebutuhan Khusus Kelas 1 Di Sekolah Dasar Islam Yapita Surabaya. 9.

Langgulung, H. (2004). Manusia dan Pendidikan: Suatu analisa psikologis, filsafat dan pendidikan (1st ed.). Pustaka Al-Husna Baru.

Sholihah, N. (n.d.). IMPLEMENTASI KURIKULUM ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS SLOW LEARNER DALAM KONTEKS PENDIDIKAN INKLUSI. 99.

Sunanto, J., & Hidayat. (2016). Desain Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus dalam Kelas Inklusif. Jurnal asesmen dan intervensi anak berkebutuhan khusus, 17. https://doi.org/10.17509/jassi.v16i1.5738




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/jam.v9i2.25713

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Abdi Masyarakat (JAM)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing by :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

.


Jurnal Abdi Masyarakat

Pusat Pengabdian Pada Masyarakat
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215871335
p-ISSN: 2460-352X
Online-ISSN: 2686-5623
http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/jam