PENDAMPINGAN PENERAPAN SISTEM PEMASARAN ONLINE DAN PELAPORAN KEUANGAN SEDERHANA PADA SEKTOR USAHA KECIL DI KELURAHAN MERUYA SELATAN
Abstract
Sektor usaha kecil atau Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) terbukti telah mendorong dan merangsang pertumbuhan ekonomi nasional secara berkesinambungan. Penerapan sistem pemasaran online dan pelaporan
keuangan sederhana pada sektor usaha kecil diperlukan untuk mendukung pengembangan dan mewujudkan UMKM yang maju, mandiri, dan modern. Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini memberikan pelatihan kepada pelaku
UMKM untuk mulai memanfaatkan internet sebagai salah satu media pemasaran produk dan pelatihan pelaporan keuangan sederhana sesuai dengan standard akuntansi. Kegiatan ini dilakukan di RPTRA Manunggal Kelurahan
Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta Barat. Peserta yang hadir dalam kegiatan ini berjumlah 20 orang peserta yang merupakan pelaku usaha kecil dan menengah. Kegiatan berlangsung dengan memperkenalkan sistem pemasaran
online melalui media sosial, kemudian peserta juga melakukan penyusunan laporan keuangan sederhana sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku. Kegiatan di akhiri dengan memberikan modul pemanfaatan media pemasaran online dan modul penyusunan laporan keuangan sederhana sesuai dengan standar akuntansi.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.22441/jam.2019.v5.i1.006
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Abdi Masyarakat (JAM)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexing by :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Jurnal Abdi Masyarakat
Pusat Pengabdian Pada Masyarakat
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215871335
p-ISSN: 2460-352X
Online-ISSN: 2686-5623
http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/jam