PELATIHAN DASAR LEAN HOSPITAL SEBAGAI KUNCI SUKSES MENGURANGI PEMBOROSAN DI RUMAH SAKIT UMUM JATISAMPURNA - BEKASI

Uly Amrina

Abstract


Era globalisasi dan keterbukaan informasi di masa kini telah menuntut rumah sakit untuk semakin giat dalam upaya memberikan pelayanan terbaik. Keterbatasan anggaran dan sumber daya secara umum yang dihadapi rumah sakit membuat rumah sakit harus lebih produktif dengan cara menghilangkan semua jenis pemborosan yang ada. Untuk itu rumah sakit membutuhkan pelatihan Lean Hospital, sebagai bentuk konsep berpikir lean untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelayanan. PelatihanLean Hospital dilaksanakan di RS Umum Jatisampurna Bekasi. Pelatihan ini bersifat pelatihan dasar  untuk menciptakan sebuah proses pelayanan yang ramping yang berorientasi pada kepuasan pelanggan. Dalam pelatihan ini, peserta akan diberikan pemahaman mengenai konsep Lean Hospital dan dikenalkan dengan teknik dasar lean berbentuk identifikasi 8 jenis pemborosan. Peserta akan diberikan latihan-latihan melalui beberapa tabel cara mengidentifikasi pemborosan di area kerja masing-masing. Hasil evaluasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa lebih dari 100% peserta memahami konsep lean  hospital dan teknik identifikasi pemborosan, dan termotivasi untuk menerapkan hal-hal yang didapatkan selama program pelatihan.


Keywords


pelatihan dasar; 8 jenis pemborosan; lean hospital

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.22441/jam.2018.v4.i1.006

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Abdi Masyarakat (JAM)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing by :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

.


Jurnal Abdi Masyarakat

Pusat Pengabdian Pada Masyarakat
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215871335
p-ISSN: 2460-352X
Online-ISSN: 2686-5623
http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/jam